Hasil Pertandingan Euro 2020: Kembali Raih Kemenangan Sempurna, Italia Memastikan Tempat di 16 Besar Piala Eropa

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 17 Jun 2021, 03:52 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 05:45 WIB
Piala Eropa 2020: Italia vs Swiss
Gelandang Italia, Manuel Locatelli melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Swiss dalam laga Grup A Euro 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. (Foto: AP/Pool/Ettore Ferrari)

Bola.com, Roma - Timnas Italia melanjutkan langkah cemerlang mereka di Euro 2020 lewat kemenangan 3-0 atas Swiss dalam laga matchday kedua Piala Eropa di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. Gelandang Manuel Locatelli tampil impresif dengan mencetak dua gol Gli Azzurri yang sekaligus memastikan langkah mereka ke 16 besar.

Setelah meraih kemenangan 3-0 atas Turki dalam laga pembuka Euro 2020, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB, Timnas Italia kembali meraih kemenangan sempurna 3-0 kala menghadapi Swiss. Dua gol Manuel Locatelli plus satu gol dari Ciro Immobile menjadi penentu kemenangan tim asuhan Roberto Mancini itu.

Italia sebenarnya sudah membuka keunggulan saat laga berlangsung 18 menit. Sang kapten, Giorgio Chiellini, berhasil mencetak gol setelah memaksimalkan umpan sepak pojok. Sayangnya, wasit menganulir gol tersebut karena dari analisa VAR Chiellini kedapatan melakukan handball sebelum proses gol tercipta.

Bek Italia, Giorgio Chiellini meninggalkan lapangan akibat cedera saat melawan Swiss dalam laga Grup A Euro 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. (Foto: AP/Pool/Ettore Ferrari)

Namun, pada menit ke-24 Roberto Mancini memutuskan untuk menarik keluar Giorgio Chiellini. Sang kapten tim digantikan oleh Francesco Acerbi karena mengalami masalah hamstring yang membuatnya tak lagi bisa optimal bermain jika melanjutkan pertandingan.

Akhirnya Italia benar-benar membuka keunggulannya pada menit ke-25. Manuel Locatelli, yang melepaskan umpan panjang ke sisi kanan dan diterima oleh Domenico Berardi, memastikan Gli Azzurri benar-benar unggul 1-0 setelah melakukan sontekan bola hasil umpan silang mendatar yang juga dilepaskan Berardi.

Setelah paruh pertama pertandingan berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk keunggulan Italia, anak-anak asuh Roberto Mancini langsung menggebrak pada babak kedua. Hanya dalam waktu enam menit setelah babak kedua dimulai, Gli Azzurri menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Manuel Locatelli kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya dalam pertandingan ini lewat tembakan dari luar kotak penalti. Sepakan keras gelandang Sassuolo itu berhasil menembus pojok kiri bawah gawang Swiss yang membuat Gli Azzurri bakal meraih tiga poin keduanya di Euro 2020.

Kemenangan Italia makin sempurna setelah Ciro Immobile berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-89. Sebuah tembakan keras dari luar kotak penalti dilepaskan Immobile dan gagal dihalau dengan baik oleh Yann Sommer yang mengawal gawang Swiss.

Keunggulan 3-0 untuk Italia pun bertahan hingga pertandingan berakhir. Kemenangan ini membuat Gli Azzurri kukuh di puncak klasemen Grup A Euro 2020 dengan enam poin dari dua laga, yang memastikan langkah mereka ke 16 besar Euro 2020.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Piala Eropa 2020: Italia vs Swiss
Para pemain Italia merayakan gol ke gawang Swiss yang dicetak gelandang Manuel Locatelli (kedua dari kiri) dalam laga Grup A Euro 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. (Foto: AFP/Pool/Ettore Ferrari)

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnaruma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazola; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli; Domenico Berardi, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile

Pelatih: Roberto Mancini

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Nico Elvedi, Fabian Schar, Manuel Akanji; Kevin Mbabu, Remo Freuler, Granit Xhaka, Ricardo Rodriguez; Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic, Breel Embolo

Pelatih: Vladimir Petkovic

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓