Italia Menang Lagi dan Lolos ke 16 Besar Euro 2020, Roberto Mancini: Kami Pantas!

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 17 Jun 2021, 05:24 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 14:05 WIB
Manuel Locatelli Dua Gol, Italia Kalahkan Swiss 3-0
Pemain Italia merayakan gol kedua mereka ke gawang Swiss selama pertandingan grup A Euro 2020 di stadion Olimpiade di Roma, Italia, Rabu (16/6/2021). Italia menang atas Swiss dengan skor 3-0. (AP Photo/Alessandra Tarantino, Pool)

Bola.com, Roma - Timnas Italia berhasil meraih kemenangan kedua mereka di Euro 2020 setelah sukses membungkam Swiss dengan skor telak 3-0 dalam laga matchday kedua Grup B di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. Pelatih Gli Azzurri, Roberto Mancini, memberi pujian kepada anak-anak asuhnya dan menegaskan timnya memang pantas meraih kemenangan.

Italia meraih kemenangan kedua ini lewat dua gol Manuel Locatelli plus satu gol Ciro Immobile. Kemenangan 3-0 ini menjadi yang kedua setelah Gli Azzurri juga menang dengan skor yang sama saat menghadapi Turki pada laga pembuka Euro 2020, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Kemenangan ini juga sekaligus memastikan langkah Italia ke 16 besar Euro 2020 meski masih menyisakan satu pertandingan lagi kontra Wales. Roberto Mancini mengaku bangga dengan keberhasilan anak-anak asuhnya dan menegaskan timnya memang layak mendapatkan kemenangan meski Swiss sempat menyulitkan Italia.

"Swiss adalah tim yang kuat. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang ketat dan memang seperti itu. Kami menciptakan sejumlah peluang dan layak meraih kemenangan," ujar Mancini seperti dilansir dari situs resmi UEFA.

"Kami kesulitan pada menit-menit awal, tapi kemudian kami menekan mereka dan memaksa mereka membuat kesalahan," lanjutnya.

Kemenangan ini membuat Italia kukuh di puncak Grup A Euro 2020 dengan enam poin, mencetak enam gol dan menjaga clean sheet. Italia pun menjadi tim pertama yang memastikan tiket 16 besar Piala Eropa kali ini.

2 dari 3 halaman

Pujian untuk Gli Azzurri

Piala Eropa 2020: Italia vs Swiss
Para pemain Italia merayakan gol ke gawang Swiss yang dicetak gelandang Manuel Locatelli (kedua dari kiri) dalam laga Grup A Euro 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. (Foto: AFP/Pool/Ettore Ferrari)

Meraih kemenangan telak untuk kedua kalinya di putaran final Euro 2020 menjadi prestasi tersendiri bagi Timnas Italia. Gli Azzurri mampu mempertahankan tren positif yang mereka miliki, yaitu 29 laga tanpa kekalahan sejak 2018. Bahkan dalam 10 laga internasional terakhir, Timnas Italia selalu mampu membuat clean sheet.

Roberto Mancini pun tidak lupa memberikan apresiasi terhadap performa anak-anak asuhnya yang luar biasa dalam pertandingan ini. Apalagi Swiss mampu memberi perlawan baik pada awal-awal pertandingan.

"Anak-anak bermain dengan sangat baik. Pertandingan ini tidak mudah. Ini merupakan pertandingan kedua mereka dalam lima hari, dan ini begitu panas," ujar Mancini.

Timnas Italia akan menjalani laga teakhir mereka di Grup A Euro 2020 dengan menghadapi Wales pada Minggu (20/6/2021) malam WIB. Gli Azzurri akan bermain lepas dalam laga tersebut, sementara Wales berharap bisa menang demi mengamankan tiket lolos ke 16 besar Euro 2020 sebagai runner-up grup.

 

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓