Kalah dari Italia, Swiss Bidik Kemenangan atas Turki untuk Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 17 Jun 2021, 06:27 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 13:50 WIB
Manuel Locatelli Dua Gol, Italia Kalahkan Swiss 3-0
Penyerang Italia, Domenico Berardi menembak bola dari kawalan bek Swiss, Ricardo Rodriguez dan Manuel Akanji selama pertandingan grup A Euro di stadion Olimpiade di Roma, Rabu (16/6/2021). Dengan hasil ini, Italia kokoh dipuncak klasemen dengan poin enam. (Andreas Solaro/Pool Photo via AP)

Bola.com, Roma - Timnas Italia berhasil meraih kemenangan keduanya di Euro 2020 setelah menekuk Swiss dengan skor telak 3-0 di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. Meski harus mengalami kekalahan telak, Swiss bertekad bangkit dan meraih kemenangan atas Turki dalam laga ketiga Grup B Euro 2020 demi bisa menemani Italia ke 16 besar.

Gawang Turki yang dikawal oleh Yann Sommer harus tiga kali bobol oleh Gli Azzurri. Dua gol Manuel Locatelli dan sebuah gol yang dicetak Ciro Immobile memastikan Turki berhasil menang lagi sekaligus memastikan diri meraih tiket 16 besar Euro 2020.

Kekalahan ini membuat Swiss kini baru meraih satu poin dari dua laga yang sudah mereka mainkan. Satu poin tersebut diraih berkat hasil imbang 1-1 dengan Wales pada laga matchday pertama Grup A.

Punya kans yang sangat tipis untuk bisa finis sebagai runner-up Grup A Euro 2020, Swiss belum mau menyerah. Tim asuhan Vladimir Petkovic itu membidik kemenangan dalam laga kontra Turki yang menjadi laga terakhir mereka di fase grup Piala Eropa kali ini.

"Setiap orang pantas kecewa pada malam ini. Tapi, besok sejak hari pertama latihan, kami akan menatap ke depan. Saya bicara kepada tim dan mengatakan masih ada pertandingan tersisa. Tiga poin bisa membawa kami ke babak selanjutnya," ujar pelatih Swiss, Vladimir Petkovic, seperti dilansir situs resmi UEFA.

Hal senada juga diungkapkan oleh gelandang Swiss, Granit Xhaka: "Sekarang kami fokus menghadapi Turki."

Kini Swiss terpaut tiga poin dari Wales yang berada di peringkat kedua Grup A Euro 2020 setelah Gareth Bale dkk. meraih kemenangan 2-0 atas Turki.

Tiga poin dalam pertandingan kontra Turki akan membuat Swiss berpotensi lolos ke 16 besar Euro 2020 sebagai runner-up Grup A atau menjadi satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik yang turut bisa lolos ke fase knockout itu.

 

2 dari 3 halaman

Ucapan Selamat untuk Italia

Foto Piala Eropa: Gasak Swiss 3-0, Italia Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2020
Italia memetik kemenangan kedua di Grup A Euro 2020 (Euro 2021) usai mengalahkan Swiss 3-0 di Olimpico Stadium, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. Hasil ini memastikan Gli Azzurri menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak 16 Besar. (Foto: AP/Pool/Ettore Ferrari)

Belum menyerah untuk bisa melangkah ke 16 besar Euro 2020, Swiss juga mengakui kualitas Italia yang sukses membungkam mereka dengan skor telak 0-3. Menurut Petkovic dan Xhaka, Italia merupakan tim yang luar biasa dalam penampilannya di Piala Eropa kali ini.

"Selamat untuk Italia, mereka memainkan sepak bola yang luar biasa untuk kesekian kalinya," ujar Petkovic.

"Italia menjadi tim yang lebih baik. Anda tidak boleh membuat kesalahan ketika menghadapi mereka," tutur Xhaka menimpali.

Sumber: UEFA

 

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓