Sukses


Hasil Pertandingan Euro 2020: Bekuk Makedonia Utara, Ukraina Buka Harapan ke Fase Knockout

Bola.com, Jakarta - Timnas Ukraina memetik kemenangan perdana di Grup C Euro 2020 setelah menundukkan Makedonia Utara 2-1 di Arena Nationala, Kamis (17/6/2021) malam WIB. Kemenangan itu menjaga asa Ukraina melangkah ke babak knockout

Pada laga sebelumnya, Timnas Ukraina keok 2-3 dari Belanda. Adapun Makedonia Utara selalu kalah dalam dua laga, karena sebelumnya juga menyerah 1-3 dari Austria. Makedonia Utara makin terbenam di dasar klasemen. 

Dua gol Ukraina masing-masing disumbangkan Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk. Gol balasan Makedonia Utara dicetak Ezgjan Alioski. 

Ukraina bermain agresif sejak menit awal. Peluang pertama tercipta melalui Alexander Karavaev. Namun, usahanya masih melambung di atas gawang Makedonia Utara. 

Lima menit berselang, giliran Ruslan Malinovsky melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, usahanya mampu dipatahkan kiper Makedonia Utara, Stole Dimitrievski. 

Serangan spartan Ukraina baru membuahkan hasil pada menit ke-29. Gol pertama tersebut berawal dari tendangan sudut yang diambil Ruslan Malinovsky.  

Bola itu kemudian disontek oleh Alexander Karavaev, ke arah tiang jauh. Andriy Yarmolenko menyambutnya dan menggetarkan gawang Makedonia Utara. 

Lima menit berselang gawang Makedonia Utara kembali bobol. Kali ini, gol disumbangkan oleh Roman Yaremchuk. 

Gol itu berasal dari umpan terobosan Yarmolenko. Yaremchuk menerima bola, kemudian mendribelnya ke kotak penalti. Dia kemudian berhasil memperdaya kiper Dimitrievski.

Makedonia Utara sempat menjebol gawang Ukraina yang dikawal Heorhiy Bushchan pada menit ke-39 melalui Goran Pandev. Namun, gol itu dianulir karena Pandev lebih dulu terperangkap offiside. 

Skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Ukraina bertahan hingga turun minum. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Pada babak kedua, Ukraina masih bermain agresif untuk menambah keunggulan. Tetapi, Makedonia Utara juga tidak pasrah begitu saja. Mereka terus berusaha mencetak gol balasan. 

Gol balasan Makedonia Utara dicetak oleh Ezgjan Alioski pada menit ke-57. Makedonia mendapat penalti dan Alioski menjadi algojonya. 

Penalti Alioski sebenarnya berhasil ditepis Heorhiy Bushchan. Namun, ia berhasil menyambar bola liar dan mengubahnya jadi gol. Skor 2-1 masih untuk keunggulan Ukraina. 

Di pengujung laga, giliran Ukraina yang mendapat hadiah penalti. Malinovski maju sebagai algojo. Namun, sepakannya berhasil digagalkan kiper Makedonia Utara, Malinovski. 

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Mykola Matvyenko, Vitalii Mykolenko; Andriy Yarmolenko, Mykola Shaparenko, Taras Stepanenko; Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Roman Yaremchuk.

Pelatih: Andriy Shevchenko

Makedonia Utara (3-1-4-3): Stole Dimitrievski; Visar Musliu, Darko Velkovski, Stefan Ristovski; Ezgjan Alioski; Stefan Spirovski, Arijan Ademi, Boban Nikolov; Enis Bardhi, Eljif Elmas; Goran Pandev.

Pelatih: Igor Angelovski

Video Populer

Foto Populer