5 Catatan Menarik Saat Timnas Belanda Mengalahkan Austria dan Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Oleh Hendry Wibowo pada 18 Jun 2021, 04:20 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 04:26 WIB
Piala Eropa 2020 Belanda Melawan Austria
Selebrasi pemain Belanda usai menjebol gawang Austria dalam pertandingan Grup C Piala Eropa 2020 di Johan Cruyff Arena, Belanda, Jumat (18/6/2021) dini hari. (Foto: AP/Pool/Peter Dejong)

Bola.com, Jakarta - Kemenangan kedua berhasil didapatkan Timnas Belanda di fase grup Euro 2020 hari Jumat (18/6/2021) dinihari WIB. Bertemu Austria di Johan Cruijff ArenA, Memphis Depay dan kawan-kawan menang dengan skor 2-0.

Dewi Fortuna sudah menunjukkan keberpihakannya kepada Die Oranje sejak awal pertandingan. Tepatnya pada menit ke-9, Belanda mendapatkan hadiah penalti setelah Denzel Dumfries dilanggar David Alaba di kotak terlarang.

Keputusan wasit sudah direstui oleh VAR. Memphis Depay yang ditunjuk sebagai eksekutor pun tidak menyia-nyiakan peluang di depan mata. Ia mengarahkan bola ke sisi kiri gawang dan membuat Belanda unggul 1-0.

Kemudian gol kedua dibukukan Denzel Dumfries menit ke-67. Ini merupakan gol kedua sang pemain dalam dua laga berturut-turut ajang Euro 2020

Kemenangan ini mengantarkan Timnas Belanda menjadi pimpinan klasemen Grup C dengan nilai sempurna enam poin. Mereka unggul tiga poin dari Ukraina dan Austria. De Oranje pun memastikan tiket ke fase knockout.

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

5 Catatan Menarik

Belanda - Euro 2020
Memphis Depay dan rekan setimnya merayakan gol pertama Belanda ke gawang Austria pada laga Grup C Euro 2020 di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB. (Dean Mouhtaropoulous/ Pool via AP)
  • 1. Denzel Dumfries jadi pemain Timnas Belanda kedua setelah Ruud Van Nistelrooy yang sukses mencetak dua gol pada dua laga pertama ajang Euro atau Piala Eropa.
  • 2. Gol ke gawang Austria merupakan gol kedua seorang Denzel Dumfries bersama Timnas Belanda. Menariknya gol pertama juga ia cetak di ajang Euro 2020 atau laga perdana De Oranje ketika bersua Ukraina.
  • 3. Timnas Belanda memenangkan 22 laga terakhir mereka di mana tim mencetak gol terlebih dahulu. Rinciannya dalam periode itu, De Oranje mencetak 68 gol dan hanya kebobolan tujuh kali.
  • 4. Kemenangan dengan skor 2-0 ini menandakan Timnas Belanda selalu mengalahkan Austria pada tujuh pertandingan terakhir.
  • 5. Kali pertama sejak Piala Eropa 2008, Timnas Belanda berhasil lolos ke fase knockout ajang Euro.

Sumber: UEFA

Lanjutkan Membaca ↓