Waduh, Panitia Euro 2020 Bakal Sanksi Tim yang Pemainnya Geser Botol Coca-Cola Lagi

Oleh Gregah Nurikhsani pada 18 Jun 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 21:00 WIB
Cristiano Ronaldo - Coca Cola - Euro 2020
Bintang Portugal Cristiano Ronaldo dalam konferensi pers jelang laga melawan Hungaria dalam Euro 2020 di Puskas Arena, Budapes, Senin, 14 Juni 2021. (Handout / UEFA / AFP)

Bola.com, Jakarta - UEFA mengancam akan memberikan sanksi kepada tim jika pemainnya menggeser botol Coca-Cola, Heineken, atau apapun itu yang menjadi sponsor utama Euro 2020. Ini meyusul insiden 'geser botol' yang dilakukan megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo menggeser dua botol Coca-Cola dari depan mikrofonnya saat konferensi pers pada Senin kemarin. Aksi itu kemudian ditiru oleh gelandang Italia, Manuel Locatelli, pada Rabu malam setelah pertandingan timnya Swiss.

Sementara itu, pada hari Selasa, bintang Prancis Paul Pogba, seorang Muslim yang taat, menyingkirkan sebotol Heineken meski diketahui kemudian bahwa minuman itu adalah jenis yang bebas alkohol.

UEFA, bagaimanapun, telah memperingatkan aksi serupa dapat berdampak di masa depan dan telah mengingatkan para pemain dan tim tentang kewajiban kontrak mereka.

"UEFA telah mengingatkan tim yang berpartisipasi bahwa kemitraan merupakan bagian integral dari penyelenggaraan Euro 2020 dan untuk memastikan pengembangan sepak bola di seluruh Eropa, termasuk untuk pemuda dan wanita," bunyi pernyataan tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Bukan Pemain yang Disanksi, Melainkan Timnya

Piala Eropa 2020: Italia vs Swiss
Gelandang Italia, Manuel Locatelli melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Swiss dalam laga Grup A Euro 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. (Foto: AP/Pool/Riccardo Antimiani)

Martin Kallen, direktur turnamen Euro 2020 UEFA, mengatakan tindakan atas aksi geser-geser itu adalah "kemungkinan". Akan tetapi, sanksi akan diberikan kepada timnya.

"Kami tidak pernah mendenda pemain langsung dari pihak UEFA, kami akan selalu melakukan ini melalui asosiasi nasional yang berpartisipasi dan kemudian mereka dapat melihat apakah mereka akan melangkah lebih jauh ke pemain, tetapi kami tidak akan langsung untuk saat ini kepada pemain," katanya kepada Reuters.

"Kami memiliki peraturan yang ditandatangani oleh federasi yang berpartisipasi. Kami telah mengingatkan mereka tentang kewajiban mereka, tetapi tentu saja (denda) ini selalu memungkinkan."

 

3 dari 4 halaman

Minum Air!

Hungaria Vs Portugal
Striker Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Hungaria dalam laga perdana Grup F Euro 2020, Selasa (15/6/2021). (Attila KISBENEDEK / POOL / AFP)

Ronaldo menyebabkan kegemparan pada hari Senin ketika dia mengganti dua botol Coca-Cola yang diletakkan di depannya dengan sebotol air putih selama konferensi pers menjelang pertandingan Portugal melawan Hungaria.

"Minum air!," kata pria 36 tahun itu dalam bahasa Portugis, sambil memindahkan minuman ringan itu.

Locatelli mengikutinya dua hari kemudian, menempatkan botol air di atas meja di depannya dan mengeluarkan botol Coca-Cola saat ia menghadiri konferensi pers menyusul kemenangan 3-0 Italia melawan Swiss, di mana ia mencetak dua gol.

Coca-Cola adalah salah satu sponsor utama Euro 2020, dan botol telah ditampilkan di konferensi pers yang diadakan sepanjang turnamen sejauh ini.

Ini adalah praktik standar bagi mitra komersial acara besar untuk menempatkan produk mereka secara strategis di dekat mikrofon selama konferensi pers.

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓