Sukses


5 Alasan Duel Portugal Vs Jerman di Euro 2020 Sulit Ditebak Pemenangnya

Bola.com, Jakarta - Timnas Portugal akan berhadapan dengan Timnas Jerman di matchday 2 Grup F Euro 2020, Sabtu (19/6/2021). Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang dalam pertandingan di Allianz Arena, Munich ini?

Portugal sukses mengawali langkah di grup neraka ini dengan menghajar Hungaria 3-0 di Budapes. Portugal menang lewat gol Raphael Guerreiro menit 84, serta dua gol sang kapten Cristiano Ronaldo menit 87 (penalti) dan 90+2.

Kontras dengan Portugal, Jerman harus mengakui ketangguhan Prancis meski main di Allianz Arena. Tim besutan Joachim Loew itu menyerah 0-1, di mana gol bunuh diri Mats Hummels menjadi pembeda.

Portugal akan lolos ke babak berikutnya jika mampu menglahkan Jerman. Sementara itu, tekanan di kubu Jerman jauh lebih besar. Pemilik tiga gelar Piala Eropa takkan bisa finis dua besar jika kalah dari Portugal, sedangkan Prancis tidak kalah saat melawan Hungaria di Puskas Arena.

Jerman perlu mengalahkan Portugal jika ingin menghidupkan peluang untuk lolos ke fase selanjutnya. Mampukah mereka melakukannya?

Jika melihat beberapa statistik, kedua tim sama-sama punya peluang menang. Dengan kata lain, tidak mudah memprediksi pertandingan mereka. Berikut ulasannya.

2 dari 7 halaman

Jerman Menang di Atas Kertas

Portugal dan Jerman sudah bertemu total 18 kali. Portugal cuma menang tiga kali, sementara Jerman menang 10 kali, dan lima bentrokan berakhir imbang.

Rekor kandang Jerman melawan Portugal pun cukup bagus, yakni menang tiga kali dan kalah sekali (M3 S2 K1). 

3 dari 7 halaman

Tren Kemenangan Jerman atas Portugal

Jerman tercatat selalu menang dalam empat pertemuan terakhir dengan Portugal. Dalam dua pertemuan terakhir, Jerman bahkan selalu mampu mengalahkan Portugal tanpa kebobolan.

Portugal dan Jerman terakhir kali bertemu di penyisihan grup Piala Dunia 2014. Portugal dihajar empat gol tanpa balas. Thomas Muller mencetak hat-trick (1 penalti) untuk Jerman, sedangkan satu gol lainnya disumbangkan oleh Mats Hummels. Portugal juga kehilangan Pepe yang dikartu merah di babak pertama, ketika mereka sudah tertinggal 0-2.

Pemain-pemain yang namanya disebutkan di atas juga ada di skuad masing-masing untuk Euro 2020 ini.

5 Pertemuan Terakhir:

  • 16-06-2014 Jerman 4-0 Portugal (Piala Dunia)
  • 10-06-2012 Jerman 1-0 Portugal (Euro)
  • 20-06-2008 Portugal 2-3 Jerman (Euro)
  • 09-07-2006 Jerman 3-1 Portugal (Piala Dunia)
  • 21-06-2000 Portugal 3-0 Jerman (Euro)
4 dari 7 halaman

Memori Buruk Portugal di Allianz Arena

Sebelum ini, Portugal baru pernah sekali bermain di Allianz Arena. Namun, lawannya bukan Jerman.

Lawannya adalah Prancis, dan itu merupakan partai babak semifinal Piala Dunia 2006. Portugal takluk 0-1. Gol tunggal penentu kemenangan Prancis dicetak oleh Zinedine Zidane dari titik penalti pada menit 33.

5 dari 7 halaman

Jerman Saat Ini Sedang Buruk

Jerman cuma menang sekali dalam empat laga terakhirnya (M1 S1 K2), yakni 7-1 kontra Latvia di uji coba terakhir sebelum Euro 2020.

Jerman kalah tiga kali dalam tujuh laga terakhirnya (M3 S1 K2).

Selain itu, Jerman juga selalu kebobolan satu gol di tiap laga dalam tiga laga terakhir mereka.

6 dari 7 halaman

Portugal On Fire

Dengan hasil kontra Hungaria pada matchday 1, berarti Portugal tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhirnya (M5 S2 K0), dan selalu clean sheet (tak kebobolan) dalam tiga yang terkini.

Portugal juga menang 11 kali dan cuma kalah satu kali dalam 16 laga terakhirnya (M11 S K1).

Selain itu, Portugal pun cuma kalah sekali dalam 23 laga terakhirnya di Euro, termasuk kualifikasi (M16 S6 K1), yakni 1-2 vs Ukraina di Kualifikasi Euro 2020.

Dari catatan pertemuan, Jerman pantas diunggulkan. Namun, jika melihat form kedua tim, Portugal layak difavoritkan.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana )

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer