Sukses


Hasil Pertandingan Euro 2020: Jerman Gasak Portugal, 2 Gol Giveaway Alias Bunuh Diri

Bola.com, Munich - Timnas Jerman sukses meraih kemenangan krusial di pertandingan kedua grup F Euro 2020. Berhadapan dengan Portugal, Die Mannschaft berhasil menang dengan skor 4-2.

Pada laga ini, Jerman sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Cristiano Ronaldo. Jerman membalas melalui gol bunuh diri Ruben Dias, Raphael Guerrero, lalu Kai Havertz dan Robin Gosens menambah keunggulan Jerman sebelum Diogo Jota memperkecil kedudukan.

Bermain di depan puluhan ribu pendukung mereka, Jerman langsung tampil menekan sejak awal. Mereka langsung membombardir gawang Portugal dengan serangan-serangan mereka.

Benar saja, baru lima menit laga berjalan gawang Rui Patricio sudah bergetar setelah tendangan voli Robin Gosens masuk ke gawang Portugal. Namun ternyata gol itu tidak disahkan wasit karena Serge Gnabry sempat mengenai bola umpan Kimmich dan ia berada di posisi offside.

Asik menyerang, gawang Jerman malah bobol di menit 15. Berawal dari serangan balik, Bernardo Silva mengirimkan umpan lambung ke Diogo Jota yang lolos dari jebakan offside. Saat berada di depan Neuer, Jota memberikan umpan mendatar ke Ronaldo dan tanpa kesulitan Ronaldo menceploskan bola ke gawang Jerman. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Portugal.

Gol Ronaldo itu membuat Portugal semakin semangat menyerang. Namun Jerman tidak patah arang dan terus menerus membangun serangan mereka.

Usaha Jerman akhirnya berbuah manis di menit 35. Berawal dari tembakan Robin Gosens, bola terlihat disontek Havertz dan berbuah gol. Namun setelah diamati kembali, bola ternyata mengenai kaki Ruben Dias dan masuk ke gawang Patricio. Skor kembali imbang 1-1.

Gol bunuh diri Dias itu tidak disia-siakan Timnas Jerman untuk membangun momentum. Empat menit berselang, gawang Patricio kembali kebobolan. Sialnya lagi, kali ini giliran Raphael Guerreiro yang salah mengantisipasi umpan Joshua Kimmich dan bola malah masuk ke gawang Portugal sendiri. Skor 2-1 tetap bertahan hingga turun minum.

Video

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Jerman tidak menurunkan tempo serangan mereka meski sudah unggul. Der Panzer kembali membombardir pertahanan Portugal.

Benar saja, baru enam menit babak kedua berjalan, Jerman berhasil menambah keunggulan mereka. Kali ini nama Kai Havertz resmi masuk ke papan skor setelah umpan mendatar Gosens diselesaikan dengan tap in ke gawang Portugal. Skor 3-1 untuk keunggulan Jerman.

Portugal bukannya tanpa perlawanan di babak kedua ini. Cristiano Ronaldo dan kolega mencoba menggenjot tempo serangan mereka untuk memperkecil kedudukan.

Namun sialnya, gawang Portugal lagi-lagi bobol di menit 60. Kali ini, Kimmich melepaskan umpan silang dan Robin Gosens yang tidak terjaga dengan mudah melepaskan sundulan ke gawang Patricio. Skor berubah menjadi 4-1 untuk keunggulan Jerman.

Tertinggal tiga gol tidak membuat Portugal lempar handuk. Di menit 67 Diogo Jota berhasil memperkecil kedudukan menjadi 4-2 setelah usaha keras Ronaldo untuk menghalau bola dari posisi out kemudian disontek Jota yang berada di depan gawang.

Gol Jota itu memberikan secercah harapan bagi Portugal. Selecao semakin gencar melakukan serangan ke gawang Jerman.

Melihat situasi ini, Loew melakukan beberapa perubahan taktikal. Ia memasukkan beberapa pemain bertipe bertahan seperti Emre Can, Niklas Sule dan Leon Goretzka untuk meredam serangan Portugal.

Portugal sendiri nyaris memperkecil kedudukan di menit 79 melalui tembakan gledek Renato Sanches dari luar kotak penalti. Namun bola hanya membentur tiang gawang.

Jual beli serangan terus terjadi hingga masa injury time, namun kedudukan 4-2 tidak berubah untuk keunggulan Jerman.

Berkat hasil ini Jerman merangkak naik ke peringkat dua klasemen sementara grup F. Sementara Portugal yang juga mengoleksi tiga poin turun ke peringkat tiga karena kalah head to head dengan Jerman.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

  • Portugal (4-2-3-1): Patricio; Guerreiro, Dias, Pepe, Semedo; Pereira, Carvalho (R.Silva 58'); Jota (A.Silva 83'), Fernands (Moutinho 64'), Silva (Sanches 46'); Ronaldo
  • Jerman (3-4-2-1): Neuer; Rudiger, Hummels (Can 62'), Ginter; Gosens (Halstenberg 62'), Kroos, Gundogan (Sule 73'), Kimmich; Havertz (Goretzka 3'), Muller; Gnabry (Sane 87')

 

Statistik Pertandingan

  • Portugal - Jerman
  • Gol: 2-4
  • Total Shots: 6-12
  • Shots on Target: 2-7
  • Posession: 43% - 57%
  • Fouls: 5-15
  • Offside: 2-1

 

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi)

Video Populer

Foto Populer