Sukses


Euro 2020: Timnas Italia Ulangi Pencapaian Prestisius 82 Tahun Lalu, Roberto Mancini Merendah

Bola.com, Roma - Timnas Italia mengulangi catatan prestisiun 82 tahun lalu yakni tak terkalahkan dalam 30 pertandingan secara beruntun. Pencapaian itu diraih setelah Gli Azzurri menang 1-0 atas Wales pada laga pamungkas Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

Kemenangan ini mengukuhkan Timnas Italia sebagai juara Grup A Euro 2020 dan berhak melaju ke-16 besar. Italia meraih poin sempurna yakni sembilan hasil dari tiga kali menang.

Timnas Italia juga mengulang pencapaian pribadi, yakni tak terkalahkan dalam 30 pertandingan yang telah bertahan selama 82 tahun. Kala itu, Italia berhasil mencetak rekor di bawah asuhan pelatih Vittorio Pozzo rentang 1935 sampai 1939.

Pelatih Roberto Mancini sejatinya patut berbangga karena hanya membutuhkan waktu tiga tahun untuk membuat Timnas Italia tangguh tak terkalahkan dalam 30 laga. Namun, Mancini tak ingin jemawa dengan pencapaiannya tersebut.

"Pozzo telah memenangi banyak trofi penting. Jadi, saya masih jauh di belakangnya dari level itu," kata Mancini seperti dikutip situs resmi UEFA.

Mancini juga meminta para pemain Timnas Italia untuk tidak terlena. Perjalanan Gli Azzurri meraih trofi Euro 2020 masih panjang dan penuh tantangan. 

"Setiap tim yang melaju ke-16 besar bisa memenangi Euro. Tentu saja, kami tidak boleh berpikir bisa memenangi setiap pertandingan atau menerima begitu saja," tegas Mancini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Cukup Puas

Timnas Italia meraih kemenangan 1-0 atas Wales berkat gol Matteo Pessina (39'). Meskipun hanya menang 1-0, Italia tampil gemilang sepanjang laga.

Statistik UEFA mencatat, Gli Azzurri bermain dominan dengan penguasaan bola mencapai 63 persen. Ciro Immobile dkk. juga tampil atraktif dengan melepaskan 23 peluang yang enam di antaranya akurat.

"Kami tidak bisa berbuat lebih baik. Mungkin, kami bisa mencetak lebih banyak gol, akan tetapi pertandingan sangat ketat dan mengandalkan fisik. Jadi, para pemain sudah melakukannya dengan sangat baik," tegas Mancini.

Video Populer

Foto Populer