Sukses


Utak-atik Tim yang Lolos dari Grup B Euro 2020: Siapa yang Bakal Temani Timnas Belgia?

Bola.com, Jakarta - Timnas Belgia menjadi tim pertama di Grup B yang telah memastikan diri lolos ke-16 besar Euro 2020. Kini, masih ada dua tiket lagi yang akan diperebutkan tiga tim untuk mendampingi Belgia ke fase knock-out.

Timnas Belgia tampil gemilang pada putaran final Euro 2020. Dari dua pertandingan yang sudah dijalani, tim berjulukan De Rode Duivels tersebut berhasil meraih kemenangan.

Pada partai pertama, Belgia membungkam Rusia tiga gol tanpa balas di Krestovsky Stadium, 13 Juni lalu. Sementara itu, dalam laga kedua Grup B, Kevin De Bruyne dkk. meraih kemenangan 2-1 atas Denmark pada 17 Juni 2021.

Berkat hasil tersebut, Timnas Belgia kini berada di puncak Grup B dengan nilai enam. Belgia unggul tiga poin atas Rusia dan Finlandia yang menempati posisi dua serta tiga, dan enam angka atas Denmark di dasar grup.

Dengan torehan itu, Belgia sudah memastikan diri melenggang ke-16 besar Euro 2020. Meski begitu, Timnas Belgia masih belum pasti lolos dengan status juara Grup B.

Oleh karena itu, tim asuhan Roberto Martinez tersebut berambisi merengkuh kemenangan pada laga terakhir demi mempertahankan tempat teratas. Adapun dua tiket lainnya, yakni posisi runner-up dan peringkat tiga terbaik bakal diperebutkan Rusia, Finlandia, dan Denmark.

Lantas, bagaimana peluang tiga tim lainnya untuk mendampingi Timnas Belgia lolos ke-16 besar Euro 2020? Berikut ini adalah ulasannya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Utak-atik Peluang Lolos ke-16 Besar

Pertandingan terakhir di Grup B:

Selasa (22/6/2021):

  • Finlandia Vs Belgia - Krestovsky Stadium - pukul 02.00 WIB
  • Rusia Vs Denmark - Parken Stadium - pukul 02.00 WIB

Belgia: Sudah lolos dan akan mengamankan posisi puncak grup apabila pada laga terakhir melawan Finlandia tak kalah.

Rusia: Bakal lolos apabila menang melawan Denmark, atau meraih hasil imbang di sisi lain Finlandia gagal mengalahkan Belgia

Finlandia: Akan lolos apabila menang melawan Belgia, atau imbang namun dengan syarat Rusia kalah dari Denmark.

Denmark: Bisa finis di posisi kedua bila mengalahkan Rusia dan Finlandia kalah melawan Belgia. Namun itu masih bergantung pada gol yang tercipta pada dua pertandingan tersebut.

Rusia, Finlandia, dan Denmark juga bisa lolos ke-16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik di Grup B. Nantinya dari enam grup hanya akan terpilih empat posisi tiga terbaik.

 

3 dari 3 halaman

Jika Perolehan Poin Sama

Bila Belgia, Rusia, Finlandia semua finis dengan sama-sama mengoleksi enam poin, maka penentuan posisi akan dilakukan lewat perhitungan selisih gol antara ketiga tim.

Dalam skenario itu, jika Finlandia mengalahkan Belgia dengan satu atau dua gol, dan Rusia menang, urutannya adalah: 1 Belgia, 2 Finlandia, 3 Rusia.

Jika Finlandia mengalahkan Belgia dengan selisih tiga hingga lima gol, dan Rusia menang, urutannya adalah 1 Finlandia, 2 Belgia, 3 Rusia.

Jika Finlandia mengalahkan Belgia dengan enam gol atau lebih, dan Rusia menang, urutannya adalah 1 Finlandia, 2 Rusia, 2 Belgia.

Jika Denmark, Rusia dan Finlandia semuanya finis dengan 3 poin (di belakang Belgia dengan 9 poin), mereka akan dibagi berdasarkan selisih gol dari pertandingan antara ketiga tim.

Tim peringkat kedua di belakang Belgia akan lolos dan tim peringkat ketiga masih bisa melaju tergantung pada rekor akhir tim peringkat ketiga di grup lain.

Sumber: UEFA

Disadur dari: Bola.net (Afdholud Dzikry, 21/06/2021)

Video Populer

Foto Populer