VIDEO: Bungkam Makedonia Utara, Belanda Sapu Bersih Laga di Grup C Euro 2020

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 22 Jun 2021, 02:09 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 02:09 WIB

Bola.com, Jakarta Belanda tetap tancap gas meski sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Meladeni Makedonia Utara di Stadion Johan Cruyff Arena, Senin (22/6/2021), Belanda menang telak 3-0.  

Giorginio Wijnaldum menyumbangkan dua gol pada pertandingan tersebut. Memphis Depay juga bermain cemerlang. Bukan hanya mencetak gol pembuka, dia juga mencatatkan satu assist.  

Kemenangan itu membuat Timnas Belanda mencatatkan hasil sempurna di fase grup C, dengan mendulang sembilan poin dari tiga laga. Adapun Makedonia Utara terbenam di dasar klasemen Grup C, tanpa raihan poin.  

Sebelum mengalahkan Makedonia Utara, tim besutan Frank De Boer tersebut juga melibas Ukraina dan Austria. Belanda mencetak delapan gol dan hanya kebobolan dua kali.  

Dipertandingan kali ini, Belanda sudah menguasai pertandingan sejak awal berjalannya laga. Namun, Makedonia Utara berhasil mebuat kejutan pada menit ke-10. 

Tepatnya Ivan Trickovski sukses mencetak gol ke gawan Marteen Stekelenbur. Sayang, gol tersebut dianulir karena terperangkap offside. 

Belanda baru bisa mencetak gol pada menit ke-24. Lewat aksi Memphis Depay, Belanda memimpin jalannya pertandingan 1-0. 

Makedonia Utara menaikkan tempo serangan setelah tertinggal. Namun, penyelesaian akhir mereka buruk. Skor 1-0 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga half time.  

Memasuki babak kedua, tensi permainan semakin tinggi. Namun, Belanda berhasil menggandakan skor mereka lewat Giorginio Wijnaldum pada menit ke-51.

Hanya berselang 7 menit Giorginio Wijnaldum kembali mencetak gol yang ketiga untuk Belanda. Tiga angka untuk Belanda membuat mereka semakin percaya diri.

Kembali, Makedonia Utara berhasil mencetak gol lewat Darko Churlinov pada menit ke-79. Sayang gol tersebut kembali dianulir karena offside.

Hingga babak kedua berakhir, Belanda berhasil meraih kemenangan atas Makedonia Utara di matchday 3 Euro 2020