VIDEO: Lumat Rusia, Timnas Denmark Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Oleh Okie Prabhowo pada 22 Jun 2021, 04:38 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 04:38 WIB

Bola.com, Copenhagen - Timnas Denmark secara mengejutkan akhirnya bisa lolos ke 16 besar Euro 2020. Hasil tersebut didapat setelah pasukan Kasper Hjulmand menaklukkan Rusia dengan skor 4-1 di Parken Stadium, Selasa (22/6/2021) dinihari WIB. Kekalahan yang dialami Finlandia dari Belgia di pertandingan Grup B lain juga berkontribusi untuk keberhasilan Tim Dinamit.

Tim tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-38. Bola hasil tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan oleh pemain Timnas Denmark, Mikkel Damgaard, meluncur ke sudut kiri atas dalam gawang Rusia yang dikawal kiper Matvei Safonov.

Denmark berhasil mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-59. Kesalahan back pass yang terjadi membuat Yussuf Poulsen yang masih ada di area pertahanan Rusia berhasil mengejar bola dan mengoyak jala gawang Rusia.

Pada babak kedua, Rusia mendapatkan penalti pada menit ke-68. Penalti didapat setelah pemain Denmark, Jannik Vestergaard, melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Striker Artem Dzyuba melakukan eksekusi dengan sempurna dan skor menjadi 1-2.

Denmark kembali mencetak gol dan kali ini torehan Andreas Christensen pada menit ke-79. Bola hasil tembakan Christensen dari luar kotak penalti yang meluncur deras merobek gawang Rusia.

Tim tamu semakin terpuruk. Alhasil, bola hasil tembakan Joakim Maehle dari ujung kotak penalti sukses membobol gawang Rusia untuk keempat kalinya.

Timnas Denmark lolos ke 16 besar Euro 2020 dengan hanya mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan. Mereka terpaut enam poin di belakang Belgia yang menjadi juara grup B setelah menang 2-0 atas Finlandia, yang juga mengoleksi tiga poin tapi kalah dalam selisih gol. Sementara itu, Rusia menjadi juru kunci.