VIDEO: Bungkam Slovakia, Timnas Spanyol Lolos ke 16 Besar Euro 2020

VIDEO: Bungkam Slovakia, Timnas Spanyol Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Timnas Spanyol menutup perjalanannya di fase grup Euro 2020 dengan kemenangan telak atas Slovakia. Pertandingan yang digelar di Estadio de La Cartuja pada Rabu (24/6/2021) berakhir dengan skor 5-0.

Spanyol langsung mengambil inisiatif serangan ke daerah pertahanan Slovakia sejak menit awal pertandingan. Peluang pertama di dapat oleh Alvaro Morata pada menit ke-5. Menerima umpan dari Gerard Moreno, tendanganya masih lemah dan bisa diselamatkan oleh kiper Slovakia.

Pada menit ke-9 mendapatkan hadiah pinalti setelah Koke dijatuhkan oleh Jakub Hromada di area terlarang. Sayang, tendangan yang dieksekusi oleh Alvaro Morata masih bisa ditepis kiper Slovakia, Martin Dubravka.

Gol pertama Spanyol tercipta pada menit ke-30 setelah kiper Slovakia, Martin Dubravka melakukan gol bunuh diri. Berawal dari tembakan Pablo Sarabia yang mengenai tiang gawang, Martin Dubravka yang berniat untuk membuang bola keluar lapangan malah masuk ke gawangnya sendiri. Spanyol akhirnya unggul 1-0 dari Slovakia.

Pada menit akhir babak pertama tepatnya pada menit ke-45+3, Aymeric Laporte menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah tandukannya berhasil masuk ke gawang Slovakia. Keunggulan 2-0 Spanyol atas Slovakia pun bertahan sampai akhir babak pertama.

Meski sudah unggul 2-0 spanyol tidak mengendurkan serangannya pada awal babak kedua. Anak asuh Luis Enrique ini kembali menambah keunggulan lewat Pablo Sarabia pada menit ke-56. Menerima umpan silang dari Jordi Alba, pemain PSG ini dengan sempurnya mengarahkan bola ke arah pojok yang tidak bisa dijangkau oleh kiper Slovakia.

Ferran Torres yang baru masuk langsung mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan dari Pablo Sarabia, sontekannya pada menit ke-67 berhasil menambah keunggulan Spanyol menjadi 4-0.

Spanyol sukses menggenapkan keunggulannya menjadi 5-0 pada menit ke-71. Berawal dari kemelut di depan gawang Slovakia, Juraj Kucka melakukan gol bunuh diri.

Keunggulan 5-0 Timnas Spanyol atas Slovakia bertahan sampai pluit panjang dibunyikan. Kemenangan ini merupakan yang pertama bagi Spanyol di Euro 2020. Data dan statistik lengkap dari laga Euro 2020 tersebut bisa kalian lihat dalam tayangan singkat motion grafis di atas.

Ringkasan

Oleh Abdul Aziz pada 24 June 2021, 02:03 WIB

Video Terkait

Spotlights