Euro 2020: 7 Catatan Spesial Timnas Spanyol Setelah Lumat Slovakia

Oleh Rizki Hidayat pada 24 Jun 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 24 Jun 2021, 07:20 WIB
Piala Eropa 2020: Slovakia vs Spanyol
Para pemain Spanyol merayakan gol kedua ke gawang Slovakia yang dicetak bek Aymeric Laporte (kiri) dalam laga Grup E Euro 2020 di La Cartuja Stadium, Sevilla, Rabu (23/6/2021) malam WIB. (Foto: AP/Pool/Jose Manuel Vidal)

Bola.com, Seville - Timnas Spanyol berhasil lolos ke-16 besar Euro 2020 setelah melumat Slovakia pada laga terakhir Grup E, Rabu (23/6/2021) malam WIB. Sejumlah catatan spesial berhasil diukir Spanyol pasca-duel kontra Slovakia.

Menjalani pertandingan di Estadio La Cartuja, Seville, Timnas Spanyol bermain menekan sejak bola digulirkan. La Roja menorehkan 62 persen penguasaan bola, berbanding 38 persen milik Slovakia.

Tim Matador juga memperoleh sembilan peluang bagus dari 17 kesempatan. Di sisi lain, Slovakia hanya melepaskan tiga tembakan tanpa ada satu pun yang mengarah ke gawang.

Tampil dominan, Timnas Spanyol berhasil membungkam Slovakia lima gol tanpa balas. Kelima gol Spanyol tercipta setelah setelah Martin Dubravka melakukan gol bunuh diri pada menit ke-30, gol dari Aymeric Laporte menit ke-45+3, Pablo Sarabia menit ke-56, Ferran Torres menit ke-67, dan gol bunuh diri Juraj Kucka menit ke-71.

Bagi Timnas Spanyol, kemenangan tersebut terasa spesial. Pasalnya, hasil positif tersebut membuat mereka berhak lolos ke-16 besar Euro 2020 dengan status runner-up Grup E. 

Spanyol mendulang lima poin, tertinggal dua angka dari Swedia yang menghuni posisi teratas. Adapun Slovakia harus tersingkir karena hanya mengoleksi tiga poin dan berada di urutan ketiga.

Pada pertandingan 16 besar, Timnas Spanyol akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D, Kroasia. Rencananya, duel kedua tim akan dihelat di Parken Stadium, Copenhagen pada 28 Juni mendatang.

Sejumlah catatan spesial berhasil diukir Timnas Spanyol pasca-pertandingan terakhir Grup E Euro 2020 kontra Slovakia. Berikut ini adalah perinciannya.

 

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta:

Foto Piala Eropa: Spanyol Lolos ke 16 Besar Euro 2020 usai Pesta Gol ke gawang Slovakia
Spanyol kembali mencetak gol keempat pada menit ke-67 melalui gelandang Ferran Torres yang belum semenit berada di lapangan usai menggatikan Alvaro Morata. (Foto: AP/Pool/Jose Manuel Vidal)

1. Kemenangan 5-0 atas Slovakia membuat Timnas Spanyol masuk jajaran tim yang berhasil menang lima gol atau lebih pada putaran final Euro. Sebelumnya ada Belanda yang menang 6-1 atas Yugoslavia (perempat final Euro 2000), Denmark membungkam Yugoslavia 5-0 (fase grup Euro 1984), Prancis menang 5-0 atas Bulgaria (fase grup Euro 1984), dan Swedia yang melumat Bulgaria dengan skor 5-0 (fase grup Euro 2004).

2. Timnas Spanyol berhasil melewati babak penyisihan grup putaran final Euro untuk keenam kalinya dalam tujuh edisi terakhir.

3. Termasuk gol Ferran Torres, 11 gol terakhir Timnas Spanyol telah dicetak oleh 11 pemain berbeda.

4. Aymeric Laporte mencetak gol pertamanya bersama Timnas Spanyol, setelah menjalani empat pertandingan.

5. Timnas Spanyol telah mencetak 50 gol di seluruh ajang di bawah asuhan Luis Enrique.

6. Mencetak gol lewat sentuhan pertama setelah 44 detak masuk ke lapangan, Ferran Torres menorehkan rekor. Dia menjadi pemain pengganti yang berhasil mencetak gol tercepat, setelah terakhir kali ditorehkan pemain Spanyol lainnya, Carlos Valeron (39 detik), ketika bersua Rusia pada 2004.

7. Bagi Spanyol, ini adalah kemenangan ke-50 di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa). La Roja menjadi tim keempat di Eropa yang mengukir pencapaian tersebut, setelah sebelumnya ada Jerman, Italia, dan Prancis.

Sumber: UEFA, Opta

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓