Euro 2020: Timnas Portugal Ingin Pulihkan Kondisi Sebelum Bersua Belgia

Oleh Rizki Hidayat pada 24 Jun 2021, 10:50 WIB
Diperbarui 24 Jun 2021, 10:54 WIB
Foto Piala Eropa: Berbagi Poin, Portugal dan Prancis Sama-sama Melenggang ke Babak 16 Besar Euro 2020
Babak pertama dimulai, kedua tim tampil hati-hati dan sesekali melancarkan serangan. Mereka tampak mengukur kekuatan satu sama lain dan tak mau gegabah membongkar pertahanan lawan. (Foto: AFP/Pool/Franck Fife)

Bola.com, Budapest - Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, menyebut tim asuhannya ingin memulihkan diri sebelum berhadapan dengan Belgia pada 16 besar Euro 2020. Pasalnya, Portugal menjalani serangkaian duel sengit di Grup F.

A Selecao tergabung di grup yang tak mudah. Mereka berada satu grup dengan Jerman, Prancis, dan Hungaria. Pada partai perdana Grup F di Puskas Arena, Budapest, 15 Juni lalu, Timnas Portugal meraih kemenangan 3-0 atas Hungaria.

Namun pada pertandingan kedua, Portugal gagal melanjutkan tren positif tersebut. Bersua Jerman di Fussball Arena, Munich, 19 Juni 2021, A Selecao menyerah dengan skor 2-4.

Pada duel terakhir, Timnas Portugal berduel dengan Prancis di Puskas Arena, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Melakoni laga sengit kontra Les Blues, Portugal harus puas bermain imbang 2-2.

Meski hanya memetik satu kemenangan, sekali kalah, dan sekali imbang, Timnas Portugal tetap lolos ke-16 besar Euro 2020 dengan status peringkat tiga terbaik di Grup F. Portugal mendulang empat poin, kalah head to head dari Jerman di urutan kedua dan satu angka dari Prancis di posisi teratas.

 

2 dari 3 halaman

Beristirahat untuk Pulihkan Kondisi

Piala Eropa 2020 Portugal melawan Prancis
Pelatih Portugal, Fernando Santos berekasi ketika pertandingan Grup F Euro 2020 antara Portugal melawan Prancis yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hungaria pada Rabu (23/06/2021). (AFP/Pool/Franck Fife)

Pada fase knock-out, Portugal akan berhadapan dengan juara Grup B, Belgia di Estadio La Cartuja, Seville, 28 Juni mendatang. Sebelum melakoni duel sengit tersebut, Timnas Portugal akan memanfaatkan waktu yang ada untuk beristirahat dan memulihkan kondisi.

Apalagi, sang lawan memiliki waktu jeda lebih panjang. Pasalnya, Timnas Belgia terakhir kali menjalani pertandingan di Euro 2020 adalah pada 22 Juni lalu.

"Istirahat sangat penting. Kami harus mengurangi perbedaan 48 jam ini. Kami ingin memulihkan diri para pemain dan membuat mereka segar untuk pertandingan berikutnya," ujar Fernando Santos.

"Saya menilai untuk apa yang mereka mainkan hari ini, pemain telah berhasil mengisi ulang baterai mental mereka dan saat ini kami harus menghilangkan kelelahan," tuturnya.

"Kami akan menghadapi suhu yang sangat tinggi, tetapi itu bukan hambatan bagi kami. Kami akan mempelajari lawan kami. Kami sudah mengenal mereka tetapi kami akan melihat apa yang berubah, dan kami akan mempersiapkan pertandingan dengan ide kami untuk lolos ke babak selanjutnya," kata Santos.

Sumber: Sportsmole

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓