Sukses


Tantang Belgia di Euro 2020, Timnas Portugal Bermodalkan Catatan Tak Terkalahkan Selama 31 Tahun

Bola.com, Seville - Timnas Portugal akan menghadapi Belgia pada 16 besar Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Senin (28/6/2021) dini hari WIB. A Selecao punya catatan apik melawan The Red Devils itu.

Timnas Portugal melaju ke babak gugur Euro 2020 dengan predikat peringkat ketiga terbaik Grup F. Cristiano Ronaldo dkk. mengumpulkan empat poin hasil sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

Adapun Timnas Belgia melaju sebagai juara Grup B. Pasukan Roberto Martinez itu punya catatan mulus berupa tiga kemenangan beruntun pada penyisihan grup sehingga mengumpulkan poin sempurna berjumlah sembilan.

Pertandingan ini bakal menjadi pertemuan ke-19 bagi kedua tim. Timnas Portugal pertama kali bertemu Belgia pada laga persahabatan yang berakhir dengan kekalahan 1-2 (8/6/1930).

Sejak saat itu, kedua tim bertetangga itu sering bertemu pada ajang persahabatan hingga internasional. Timnas Portugal unggul tipis dengan enam kemenangan, Belgia meraih lima kemenangan, dan tujuh pertandingan berakhir imbang.

Timnas Portugal cukup tangguh dan sukar dikalahkan Belgia dalam 31 tahun terakhir. Kekalahan terakhir Portugal dari Belgia terjadi pada 6 September 1989.

Ketika itu, Timnas Portugal menyerah 0-3 dari Belgia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 1990. Setelahnya, Portugal belum terkalahkan lagi dalam lima pertandingan dengan rincian tiga kali menang dan dua hasil imbang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Enggan Meremehkan

Meskipun didukung catatan mengesankan, pelatih Fernando Santos menyebut Timnas Portugal tak meremehkan Belgia pada laga nanti. Apalagi Belgia belum terkalahkan di Euro 2020.

Menurut Fernando Santos, Belgia adalah tim yang tangguh dan jarang mendapatkan kesulitan dalam pertandingan. Hal inilah yang membuat Timnas Portugal enggan memandang sebelah mata kekuatan Romelu Lukaku dkk.

"Belgia mencetak banyak gol dan jarang mendapatkan kesulitan. Ada beberapa pemain yang berpengaruh. Kami tahu akan menghadapi lawan yang bagus, akan tetapi saya yakin kami bisa lebih baik," tegas Fernando Santos.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer