Data dan Fakta Euro 2020 Belanda Vs Republik Ceska: Kekuatan Kedua Tim Sama Kuat

Oleh Rizki Hidayat pada 27 Jun 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 27 Jun 2021, 20:15 WIB
Piala Eropa - Euro 2020 Belanda Vs Rep. Ceska
Piala Eropa - Euro 2020 Belanda Vs Rep. Ceska (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Budapest - Timnas Belanda akan berhadapan dengan Republik Ceska pada pertandingan 16 besar Euro 2020 di Puskas Arena, Budapest, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB. Melakoni duel ini, kedua tim memiliki kekuatan yang seimbang.

Saat ini, skuad Oranje sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Mereka berhasil menyapu bersih kemenangan dalam tiga pertandingan yang sudah dijalani di Grup C Euro 2020.

Hasil tersebut membuat Timnas Belanda lolos ke-16 besar dengan status juara Grup C dengan nilai sembilan. Tim asuhan Frank de Boer itu pun bertekad untuk melanjutkan tren positif tersebut ketika bersua Republik Ceska.

Namun, Belanda pantang memandang remeh Ceska. Meski hanya lolos ke fase knock-out dengan status peringkat ketiga terbaik di Grup D, Republik Ceska memiliki tren bagus ketika berduel dengan Timnas Belanda.

Dari 11 pertemuan terakhir di seluruh ajang, Ceska mampu memetik lima kemenangan, tiga hasil imbang, dan hanya menelan tiga kekalahan dari Timnas Belanda. Bahkan, dalam dua laga terakhir, Republik Ceska sukses membungkam skuad Oranje.

Nantinya, pemenang duel Timnas Belanda versus Republik Ceska akan bersua Denmark pada perempat final Euro 2020 di Olympic Stadium, Baku, 3 Juli 2021.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Head to head kedua tim:

Logo Pesta Bola Eropa
Logo Pesta Bola Eropa (Bola.com/Adreanus Titus)

1. Ini akan menjadi pertemuan pertama antara Belanda dan Republik Ceska sejak Oktober 2015. Ketika itu, Timnas Belanda takluk 2-3 dari Ceska pada kualifikasi Euro 2016.

2. Republik Ceska dan Belanda akan saling berhadapan di Euro untuk ketiga kalinya (tidak termasuk pertemuan sebagai Cekoslowakia). Hasilnya, kedua tim sama-sama memenangkan satu pertandingan dan satu laga sisa berakhir imbang.

3. Terakhir kali kedua tim saling berhadapan di putaran final Piala Eropa adalah pada 2004. Dalam duel tersebut, Republik Ceska berhasil mencetak dua gol balasan dan mengunci kemenangan dengan skor 3-2.

 

3 dari 4 halaman

Data dan fakta Timnas Belanda:

Belanda - Euro 2020
Memphis Depay dan rekan setimnya merayakan gol pertama Belanda ke gawang Austria pada laga Grup C Euro 2020 di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB. (Dean Mouhtaropoulous/ Pool via AP)

1. Sejak meraih trofi juara pada 1988, Timnas Belanda hanya dua kali lolos ke babak selanjutnya dari tujuh pertandingan terakhir pada fase knock-out Piala Eropa.

2. Timnas Belanda berpeluang untuk kedua kalinya meraih empat kemenangan pada laga pembuka di putaran final Piala Eropa. Terakhir kali menorehkan catatan tersebut pada Euro 2000.

3. Memphis Depay telah terlibat langsung dalam 13 gol dari 10 penampilan terakhir bersama Timnas Belanda di semua kompetisi (9 gol; 4 assist).

4. Georginio Wijnaldum telah mencetak 15 gol dalam 25 penampilan terakhirnya bersama Timnas Belanda sejak awal 2019. Tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak gol dibandingkan Lewandowski di level internasional pada periode yang sama.

 

4 dari 4 halaman

Data dan fakta Timnas Republik Ceska:

Foto Piala Eropa: Patrik Schick Cetak Gol Cantik dan Pecahkan Rekor, Republik Ceska Tumbangkan Skotlandia
Berkat kemenangan 2-0 ini, Republik Ceska untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Grup D Euro 2020. (AP/Petr David Josek, Pool)

1. Republik Ceska telah tersingkir dalam tiga dari empat pertandingan terakhir pada fase knock-out Piala Eropa.

2. Ceska hanya meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir di turnamen besar.

3. Patrik Schick mencatatkan enam dari sembilan tembakan tepat sasaran Republik Ceska pada penyisihan grup di Euro 2020. Itu adalah persentase tertinggi dari pemain mana pun untuk timnya di ajang ini. (67 persen).

Sumber: BBC Sport

Lanjutkan Membaca ↓