VIDEO: Timnas Ukraina Jadi Tim Terakhir yang Lolos ke Perempat Final Euro 2020 usai Kandaskan Swedia

VIDEO: Timnas Ukraina Jadi Tim Terakhir yang Lolos ke Perempat Final Euro 2020 usai Kandaskan Swedia

Satu lagi pertandingan seru tersaji di babak 16 besar Euro 2020. Pertemuan antara Swedia melawan Timnas Ukraina di Hampden Park pada hari Rabu (30/6/2021) menjadi penutup yang epik sebelum fase perempat final dimulai.

Sejak menit awal pertandingan kedua tim mencoba tampil menyerang. Swedia mendapatkan kesempatan terlebih dahulu untuk mencetak gol, dua tembakan dari Emil Forsberg dan Dejan Kulusevski masih bisa di blok oleh pertahanan Ukraina.

Tidak mau tinggal diam, pada menit ke-11 giliran Ukraina mencoba memngancam daerah pertahanan Swedia. Percobaan tendangan dari Roman Yaremchuk masih bisa diamankan oleh kiper Swedia.

Ukraina akhirnya sukses mencetak gol terlebih dahulu. Oleksandr Zinchenko berhasil melakukan tembakan jarak dekat yang tidak mampu ditahan oleh kiper Swedia. Tim asuhan Andriy Shevchenko ini unggul 1-0 pada menit ke-27 atas Swedia.

Swedia baru bisa menyamakan skor ketika akhir babak pertama tepatnya pada menit ke-43. Tendangan keras Emil Forsberg dari luar kotak pinalti berubah arah setelah terkena pemain belakang Ukraina sehingga tidak bisa diselamatkan kiper. Hingga akhir babak pertama pertandingan, kedudukan menjadi sama kuat 1-1.

Pada babak kedua kedua tim kembali mencoba sling melakukan penyerangan ke daerah pertahanan lawan, namun sayang tidak ada gol peluang berarti bagi Swedia maupun Ukraina.

Peluang emas pada babak kedua ini hanya didapat oleh Swedia melalui Emil Forsberg. Menerima umpan matang dari Victor Lindelof, tendangan yang diarahkan ke pojok gawang Ukraina masih membentur tiang gawang.

Skor imbang 1-1 hingga akhir babak kedua tidak berubah sehingga membuat Swedia dan Ukraina harus permainan ke babak extra time.

Pada babak extra time, kedua tim saling jual beli serangan. Ketika semua mengira pertandingan akan dilanjutkan ke babak tendangan pinalti, Artem Dovbyk tampil sebagai pahlawan Ukraina.

Menit ke 120+1, setelah berhasil menerima umpan silang dari Oleksandr Zinchenko, Artem Dovbyk sukses mencetak gol melalui tandukan kepala. Golnya tersebut akhirnya berhasil memberikan kemenangan untuk Ukraina.

Berkat kemenangan ini, Timnas Ukraina berhak meraih tiket perempat final Euro 2020 sedangkan Swedia harus terhenti langkahnya dan pulang lebih cepat.

Ringkasan

Oleh Abdul Aziz pada 30 June 2021, 05:28 WIB

Video Terkait

Spotlights