Sukses


Statistik Ukraina dan Inggris Jelang Perempat Final Euro 2020: Keberuntungan atau Clean Sheet yang Berlanjut?

Bola.com, Jakarta - Timnas Ukraina menghadapi Inggris dalam laga perempat final Euro 2020 yang digelar di Stadion Olimpico Roma, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. Pertarungan ini akan sangat menarik karena banyak yang menantikan bagaimana kelanjutan keberuntungan Ukraina dan catatan clean sheet Inggris di Piala Eropa kali ini.

Dua pertemuan terakhir antara Ukraina dan Inggris terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2014. Laga di London berakhir imbang 1-1, sementara di Kiev berakhir imbang tanpa gol.

Sementara di putaran final Euro, kedua tim bertemu di fase grup Euro 2012. Ketika itu Timnas Inggris berhasil menang 1-0 berkat gol tunggal Wayne Rooney pada menit ke-48.

Dalam 7 pertemuan dengan Inggris sejauh ini, Ukraina hanya 1 kali meraih kemenangan dan 4 kali kalah. Satu-satunya kemenangan terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2010. Sudah cukup lama berlalu.

Kedua tim berlaga di Euro 2020 dengan tren yang berbeda. Ukraina lolos sebagai tim nomor empat dalam klasemen peringkat ketiga, yang artinya Ukraina adalah tim dengan peringkat paling buruk yang berhasil lolos ke 16 besar Euro 2020.

Ukraina hanya mendapatkan tiga poin dari tiga pertandingan di Grup C Euro 2020. Mereka kalah 2-3 dari Belanda, menang 2-1 atas Makedonia Utara, dan kalah 0-1 dari Austria. Pada babak 16 besar mereka menang 2-1 atas Swedia untuk melangkah ke perempat final.

Sementara Inggris melewati empat pertandingan hingga sampai di perempat final Euro 2020 dengan catatan tidak pernah kebobolan atau clean sheet. Inggris dua kali menang identik 1-0 di fase grup, yaitu menghadapi Kroasia dan dan Republik Ceska, serta bermain imbang tanpa gol dengan Skotlandia.

Berhasil melangkah ke-16 besar, Inggris langsung menghadapi ujian berat dengan bertemu Jerman. The Three Lions mampu memenangi pertarungan dengan skor 2-0. Melangkah hingga perempat final dengan hanya bermodal empat gol dan tanpa kebobolan jelas menjadi prestasi tersendiri bagi The Three Lions di Euro 2020.

Menarik untuk dinantikan, apakah keberuntungan Ukraina di Euro 2020 bakal berlanjut ke semifinal dengan menyingkirkan Inggris? Atau justru Inggris yang berhasil meneruskan tren positifnya yang belum kalah dan tanpa kebobolan hingga ke semifinal Euro 2020?

 

Video

2 dari 3 halaman

Statistik Ukraina

Ukraina finis di peringkat ketiga Grup C Euro 2020 di belakang Belanda dan Austria. Ukraina lolos sebagai satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Ukraina kalah 2-3 dari Belanda, menang 2-1 atas tim debutan Makedonia Utara, dan kalah 0-1 dari Austria di Grup C. Ukraina mencetak 4 gol di fase grup, yakni melalui Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk, masing-masing mencetak 2 gol.

Pada babak 16 besar, Ukraina mengalahkan Swedia 2-1 lewat extra time. Ukraina unggul lewat gol Oleksandr Zinchenko pada menit ke-27, sempat dibalas Swedia pada menit ke-43, dan akhirnya memastikan kemenangan berkat gol Artem Dovbyk menit pada menit ke-120+1.

Ini adalah perempat final pertama Ukraina di Euro. Sebelumnya, pencapaian terbaik mereka adalah fase grup di Euro 2012 dan Euro 2016.

Ukraina kalah 7 kali dan baru menang 3 kali dalam 10 pertandingan yang telah mereka mainkan di putaran final Piala Eropa.

Ukraina tanpa clean sheet, alias selalu kebobolan, dalam 10 pertandingan yang telah mereka mainkan di putaran final Piala Eropa.

Ukraina cuma kalah 2 kali dalam 10 laga terakhirnya. Ukraina cuma mencatatkan 2 clean sheet dalam 13 laga terakhirnya.

3 dari 3 halaman

Statistik Inggris

Inggris lolos ke fase knockout Euro 2020 sebagai juara Grup D. Dua kemenangan identik 1-0 atas Kroasia dan Republik Ceska, serta hasil imbang tanpa gol dengan Skotlandia mengantar The Three Lions ke 16 besar.

Inggris kemudian mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 pada babak 16 besar lewat gol Raheem Sterling dan Harry Kane. Ini merupakan gol ketiga Sterling setelah dua gol lain dicetaknya ke gawang Kroasia dan Republik Ceska.

Timnas Inggris sejauh ini berhasil 8 kali menang dan hanya 1 kali kalah dalam 15 laga terakhirnya di putaran Euro. Satu hal yang menarik, Inggris berhasil mencatatkan clean sheet dalam empat pertandingan yang sudah mereka jalani di Euro 2020.

Pertandingan-pertandingan Inggris di fse grup dan 16 besar Euro 2020 digelar di Wembley. Laga kontra Ukraina di Stadion Olimpico, Roma, akan menjadi laga pertama mereka di luar Inggris pada gelaran Euro kali ini.

Inggris selalu mencatat clean sheet dalam 6 laga terakhirnya. Mereka memenangi 9 dari 10 laga terakhirnya, mencetak 19 gol, mencatat 9 clean sheet, dan hanya kebobolan 1 kali.

Sumber: UEFA.com

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 2/7/2021)

Video Populer

Foto Populer