VIDEO: Timnas Spanyol Singkirkan Swiss di Babak Perempat Final Euro 2020 Lewat Adu Penalti

VIDEO: Timnas Spanyol Singkirkan Swiss di Babak Perempat Final Euro 2020 Lewat Adu Penalti

Timnas Spanyol harus bersusah payah mengalahkan Swiss di babak perempat final Euro 2020. Tim berjulukan La Furia Roja itu menang 3-1 melalui adu tendangan penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia, Jumat (2/7/2021) malam waktu setempat.

Spanyol berada dalam posisi unggul lebih dulu saat permainan belum berjalan genap 10 menit. Tembakan keras Jordi Alba yang memanfaatkan umpan silang Koke menghantam Denis Zakaria. Bola berubah arah ke gawang Swiss dan menghasilkan gol buat La Furia Roja.

Kendati tertinggal, Swiss masih bermain lebih ke dalam hingga mempersulit Spanyol menghasilkan gol kedua. Peluang tercipta dari tendangan bebas Koke di menit ke-17. Sayang bola hanya melambung di atas gawang.

La Furia Roja kembali mendapatkan peluang pada menit ke-25. Umpan dari Koke menyasar tepat ke Cesar Azpilicueta yang tak terkawal dan langsung menyundul bola ke gawang Swiss. Tapi, gol kedua gagal tercipta karena bidikan pemain Chelsea itu mengarah tepat ke Yann Sommer.

Timnas Swiss mencoba keluar dan kurungan Timnas Spanyol. Beberapa kali percobaan dari Xherdan Shakiri masih tidak mengarah ke gawang penjaga gawang Unai Simon. Hingga babak pertama berakhir Spanyol masih unggul 1-0 atas Swiss.

Memasuki babak kedua, Timnas Swiss berhasil menyamakan kedudukan lewat Xherdan Shaqiri pada menit ke-68.

Berkat bantuan Remo Freuler, Shaqiri mampu menyamakan kedudukan untuk Swiss menjadi 1-1. Setelah gol tersebut, Swiss bermain lebih agresif.

Sayangnya, beberapa peluang Swiss masih mampu diatasi oleh Unai Simon. Skor 1-1 berhasil menutup babak kedua.

Bermain di babak extra time, sebenarnya Timnas Spanyol tampil lebih dominan. Beberapa peluang juga tercipta di depan gawang dari Yann Sommer. Sayang peluang tersebut masih bisa digagalkan oleh kiper Borussia Monchengladbach.

Tidak ada gol yang tercipta pada babak extra time kali ini, sehingga pertandingan harus berlanjut ke babak adu penalti.

Sergio Buequets mengawali kegagalan pertama sebagai eksekutor untuk Timnas Spanyol, namun Unai Simon tampil mengesankan dipertandingan ini.

Timnas Spanyol meraih tiga keberhasilan dalam menendang penalti, sedangkan Swiss hanya berhasil satu kali dalam babak penalti kali ini. Berkat hasil ini, Timnas Spanyol berhasil melaju ke babak semifinal Euro 2020.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 03 July 2021, 02:21 WIB

Video Terkait

Spotlights