Sukses


Grafik Kemenangan di Euro 2020 Meningkat, Inggris Pede Juara

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris memperlihatkan grafik hasil pertandingan yang berkembang dalam sepanjang Euro 2020. Hal tersebut membuat manajer The Three Lions, Gareth Southgate, cukup percaya diri dengan kans tim asuhannya menjuarai Piala Eropa kali ini.

Timnas Inggris akan menghadapi Denmark dalam laga semifinal Euro 2020 yang digelar Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Harry Kane dkk. melangkah ke semifinal setelah membungkam Ukraina dengan skor telak 4-0 pada laga perempat final.

Kemenangan telak 4-0 atas Ukraina menjadi skor terbesar yang diraih Inggris di Euro 2020. Sebelumnya, Inggris hanya menang 1-0 atas Kroasia dan Republik Ceska, serta bermain imbang tanpa gol dengan Skotlandia pada fase grup.

Setelah itu, Inggris berhasil menang 2-0 kala berhadapan dengan Jerman di babak 16 besar. Kemudian memenangkan pertandingan kontra Ukraina, Inggris tidak hanya mampu memperlihatkan perkembangan permainan yang terlihat dari skor akhir laga, tapi juga menjaga rekor clean sheet mereka tetap terjaga selama Euro 2020 berlangsung.

Inggris pun menjadi tim yang lebih difavoritkan untuk menjadi pemenang dalam laga kontra Denmark di semifinal Euro 2020. Bahkan Gareth Southgate percaya timnya sudah sangat siap menghadapi pertandingan krusial ini.

"Kami sudah lebih siap menghadapi semifinal ini ketimbang pertandingan-pertandingan sebelumnya," ujar manajer Timnas Inggris itu kepada BBC Sports.

Video

2 dari 3 halaman

Berpengalaman

Gareth Southgate menyebut Timnas Inggris sudah memiliki pengalaman bermain dalam laga semifinal. Pengalaman tersebut membuat mereka menjadi lebih matang untuk mempersiapkan diri menghadapi pertandingan ini.

"Sebelum pertandingan ini kami sudah dua kali masuk ke babak semifinal. Situasi ini sangat membantu kami," ujar Southgate.

"Berkat bermain dalam dua laga semifinal lalu, kami menyadari ada banyak faktor yang menentukan hasil pertandingan, sehingga itu membuat kami bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik," lanjutnya.

Timnas Inggris tercatat sudah tiga kali mencapai semifinal dalam perjalanan di Euro, termasuk edisi 2020 ini. Sebelum Euro 2020, Inggris pernah melangkah hingga semifinal pada 1968 dan 1996. Dalam dua edisi tersebut langkah The Three Lions memang terhenti pada babak empat besar.

3 dari 3 halaman

Tak Mau Besar Kepala

Gareth Southgate menyebut timnya sama sekali tidak besar kepala karena berhasil melangkah hingga semifinal. Ia menegaskan Timnas Inggris akan fokus penuh agar mereka bisa menembus laga final.

"Kami semua cukup tenang jelang pertandingan ini karena kami mengetahui belum mencapai apa pun. Hal ini membuat kami makin terpacu untuk mempersiapkan partai besar seperti ini," ujarnya.

Satu hal yang pasti Gareth Southgate akan berharap besar Timnas Inggris bisa melangkah ke final Euro 2020. Pasalnya, Southgate merupakan bagian dari skuad The Three Lions pada Euro 1996, di mana eksekusi penalti yang gagal dilakukannya menjadi penyebab Inggris gagal melangkah ke final.

Sumber: BBC Sports

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 6/7/2021)

Video Populer

Foto Populer