Sukses


Rapor Pemain Barcelona saat Timnas Spanyol Dikalahkan Italia di Semifinal Euro 2020: Kontribusi Tak Maksimal

Bola.com, London - Timnas Spanyol dipaksa angkat koper dari Euro 2020 setelah kalah 2-4 melalui adu penalti dari Timnas Italia, Rabu (7/7/2021). Meski mendominasi pertandingan, namun ada sejumlah pemain yang kontribusinya tak maksimal.

Timnas Spanyol sejatinya mampu mengimbangi Italia dengan skor 1-1 pada waktu normal. La Furia Roja kebobolan lebih dulu melalui aksi Federico Chiesa (60') dan mencetak gol penyeimbang melalui Alvaro Morata (80').

Pada babak tambahan, skuad asuhan Luis Enrique berusaha mencetak gol tambahan. Namun, sejumlah usaha yang dihasilkan tak membuahkan hasil.

Pemenang kemudian harus ditentukan melalui adu penalti. Timnas Italia sukses mencetak empat gol melalui Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi, dan Jorginho.

Adapun Timnas Spanyol hanya mencetak gol melalui Gerard Moreno dan Thiago Alcantara. Adapun tembakan Dani Olmo melayang di atas mistar gawang Timnas Italia, sedangkan tendangan Alvaro Morata diamankan Gianluigi Donnarumma.

Menurut statistik, Timnas Spanyol memang tampil dominan sepanjang pertandingan. Pasukan Luis Enrique memiliki 65 persen penguasaan bola dengan total 16 peluang yang empat di antaranya akurat.

Terdapat empat pemain Barcelona yang menjadi starter Timnas Spanyol pada laga melawan Timnas Italia. Mereka adalah Sergio Busquets, Pedri, Eric Garcia, dan Jordi Alba.

Keempatnya memiliki peran sentral di Timnas Spanyol pada skema 4-3-3 yang diusung pelatih Luis Enrique. Lantas, seperti apa rapor para pemain Barcelona di atas?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Minim Kontribusi

Sergio Busquets - 6,5

  • Pada laga tersebut, Sergio Busquest bermain sebagai starter Timnas Spanyol hingga menit ke-105. Busquets kemudian digantikan oleh Thiago Alcantara.

    Selama pertandingan, Busquets tercatat melepaskan dua tembakan ke gawang Timnas Italia. Busquets juga tercatat memiliki 5,6 persen penguasaan bola dengan jumlah sentuhan mencapai 87 kali.

    Busquets juga rajin membantu pertahanan dan melepaskan empat tekel. Pemain berusia 32 tahun itu memiliki 92 persen operan sukses.

Eric Garcia - 6,6

  • Pelatih Luis Enrique memasang Eric Garcia sebagai bek tengah menemani Aymeric Laporte. Eric Garcia diberikan kesempatan bermain sebagai starter sampai 109 menit.

    Eric Garcia tercatat memberikan 10,1 persen penguasaan bola sepanjang pertandingan. Pemain berusia 20 tahun itu juga memiliki 95 persen operan sukses.

    Namun, Eric Garcia tercatat tak melakukan satu pun tekel di lini pertahanan. Kontribusinya dikalahkan Aymeric Laporte yang lebih sibuk menjaga daerah krusial di Timnas Spanyol itu.

Jordi Alba - 6,5

  • Jordi Alba tak tersentuh di posisi bek kiri Timnas Spanyol. Pemain berusia 32 tahun itu bermain penuh selama 120 menit.

    Jordi Alba memiliki kontribusi dengan melakukan tiga kali tekel. Selain itu, Jordi Alba turut menyumbang 7,2 persen penguasaan bola untuk Timnas Spanyol.

    Namun, Jordi Alba hanya melakukan 84 persen operan sukses dari total 92 tembakan. Satu operan bahkan tercatat membahayakan gawang Timnas Italia.

Pedri - 6,5

  • Pedri juga tak tersentuh di lini tengah Timnas Spanyol. Pemain berusia 18 tahun itu diberi kesempatan bermain penuh selama 120 menit oleh pelatih Luis Garcia.

    Namun, Pedri tercatat hanya menyumbang 5 persen penguasaan bola untuk Timnas Spanyol. Meski demikian, Pedri tercatat memiliki 97 persen operan sukses.

    Dalam laga tersebut, Pedri tercatat menyumbang 67 operan. Ada dua operan Pedri yang hampir menjadi gol dalam laga tersebut.

Video Populer

Foto Populer