Sukses


Jose Mourinho: Timnas Italia Terbaik di Euro 2020 Sebelum Menghadapi Spanyol

Bola.com, Jakarta - Kemenangan Timnas Italia atas Spanyol dalam laga semifinal Euro 2020, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB, merupakan hal yang sudah cukup banyak diprediksi oleh pecinta sepak bola, termasuk pelatih AS Roma, Jose Mourinho. Namun, Mourinho merasa ada rasa pahit di balik kemenangan Gli Azzurri.

Timnas Italia cukup dibuat menderita oleh Spanyol dalam pertandingan tersebut. La Furia Roja mampu mendominasi permainan dan membuat tim asuhan Roberto Mancini kesulitan menciptakan peluang untuk mencetak gol.

Padahal sebelum pertandingan kontra Spanyol tersebut, Italia dikenal sebagai sebuah tim yang sangat mendominasi permainan. Jika pada laga fase grup hingga 16 besar Euro 2020 mereka mampu lebih dominan, Italia benar-benar kalah dalam laga kontra Spanyol.

Beruntung Italia mampu mendapatkan gol lebih dulu lewat Federico Chiesa. Namun, Spanyol tidak menyerah dan berhasil membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 lewat gol Alvaro Morata. Pertandingan pun harus diteruskan dengan extra time dan ditentukan lewat drama adu penalti.

Jose Mourinho, yang akan kembali ke Italia pada musim ini sebagai pelatih AS Roma, turut mengomentari pertandingan itu. Menjadi pandit khusus talkSPORT di Euro 2020, pelatih asal Portugal itu memberikan pujian kepada Gli Azzurri.

"Selalu disayangkan sebuah tim kalah di adu penalti, tapi begitulah realita sepak bola. Italia bisa bertahan terhadap tekanan dengan cara yang lebih baik, tim yang memang pantas untuk menang," ujar Mourinho

Kendati demikian, mantan nakhoda Tottenham Hotspur itu merasa kecewa. Italia yang dikenalnya sekarang, di Euro 2020, jauh lebih baik ketika menjalani laga-laga sebelumnya.

"Saya merasa Italia tampil seperti yang dulu, bertahun-tahun lalu. Solid, sabar, bertahan, dan selalu kompak. Namun, Italia yang sekarang tidak begitu, mereka lebih baik dari itu," ujar Jose Mourinho.

Video

2 dari 2 halaman

Terbaik Sebelum Menghadapi Spanyol

Trio lini tengah yang digawangi Marco Verratti, Jorginho, serta Nicolo Barella menurutnya mampu tampil fantastis, membuat Italia jadi satu di antara tim terbaik di pergelaran Euro 2020. Namun, Mourinho tidak melihat itu lagi pada laga kemarin.

"Sampai kemarin, sebelum bertanding melawan Spanyol, Italia adalah tim terbaik di Euro, satu di antara yang terbaik," ujar Mourinho lagi.

"Bermain baik dengan kreasi di lini tengah, segitiga antara Verratti, Jorginho, dan Barella fantastis. Mereka bermain sangat baik sampai kemarin," lanjutnya.

Terlepas dari itu, kemenangan tetaplah kemenangan. Italia berhak melaju ke babak final Euro 2020 dan akan menghadapi Inggris di Wembley Stadium pada Senin (12/7/2021) dinihari.

Sumber: talkSPORT

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 8/7/2021)

Video Populer

Foto Populer