Sukses


Catatan Masa Lalu Venue Final Euro 2020 : Inggris Pernah Menangis di Piala Eropa 1996

Bola.com, Jakarta - Publik dunia bakal menyaksikan final Euro 2020 yang bakal terselenggara di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (11/7/2021). Timnas Inggris akan berusaha berpesta di rumah sendiri saat 'menjamu' Timnas Italia di laga puncak.

Bagi sebagian besar penggemar sepak bola, nama Wembley tak asing lagi. Di tempat tersebut, ada banyak momen gembira dan sedih yang melingkari sepak bola Inggris.

UEFA.com merilis beberapa catatan yang menunjukkan kalau Wembley punya sejarah panjang di panggung dengan status pertarungan final. Kali terakhir Wembley menjadi tempat final Piala Eropa adalah pada 1996.

Saat itu, Wembley menjadi saksi keberhasilan Jerman meraih trofi bergengsi. Olivier Bierhoff menjadi pahlawan bagi Der Panzer melalui 'golden goal' ke gawang Republik Ceska.

 

Video Euro 2020

2 dari 2 halaman

Pernah Menangis

Nah, sebelum laga final, si empunya stadion, Timnas Inggris, harus menangis lebih dulu. Mereka tersingkir melalui adu penalti setelah Gareth Southgate, Pelatih Timnas Inggris sekarang, gagal mengeksekusi penalti ke gawang Jerman.

Namun, bukan berarti Wembley selalu muram. Pada Piala Dunia 1966, stadion ini menjadi saksi keberhasilan tuan rumah menggulung Jerman Barat dengan skor 4-2. Tak sekadar level timnas, di zona klub, Wembley juga punya catatan tersendiri.

Wembley menjadi tempat berpesta para fan Manchester United (1968) dan Liverpool (1978) ketika duo raksasa ini menjadi jawara Eropa. Terkait final klub, Wembley menjadi tempat Barcelona berpesta pada 2011 dan Bayern Munchen (2013).

Jadi, kalian tak boleh melepaskan perhatian untuk menyaksikan siapa yang bakal berjaya di Wembley, akhir pekan nanti : Timnas Inggris atau Timnas Italia.

Video Populer

Foto Populer