Sukses


Fakta Italia Vs Inggris Jelang Final Euro 2020: Gli Azzurri Lebih Sering Menang

Bola.com, Jakarta - Panggung final Euro 2020 sudah rapi. Dua tim terbaik telah memastikan diri berdiri di Wembley untuk memperebutkan predikat juara. Timnas Italia dan Inggris yang memperlihatkan performa luar biasa sejak pertandingan pertama turnamen Piala Eropa ini.

Timnas Italia menghadapi Inggris di Wembley Stadium, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Kedua tim sama-sama punya kualitas yang membuat mereka layak untuk menjadi juara pada saat ini.

Timnas Italia tampil sangat konsisten sejak pertandingan pertama di Grup A Euro 2020. Gli Azzurri meraih kemenangan 3-0 atas Turki dan Swiss, serta 1-0 atas Wales. Gianluigi Donnarumma mampu mencatat clean sheet sepanjang fase grup.

Namun, hal serupa juga dilakukan oleh kiper Inggris, Jordan Pickford, selama tampil di Grup D Euro 2020. Inggris tercatat menang 1-0 atas Kroasia dan Republik Ceska dan bermain imbang tanpa gol dengan Skotlandia.

Catatan clean sheet Inggris berlanjut di 16 besar dan perempat final Euro 2020. Inggris menang 2-0 atas Jerman dan berlanjut dengan kemenangan telak 4-0 atas Ukraina. Sementara Italia melewati dua laga pertama di fase knockout dengan kemenangan identik 2-1 atas Austria dan Belgia.

Pada laga semifinal, Italia mendapatkan perlawanan ketat dari Spanyol. Gli Azzurri akhirnya melangkah ke final dengan kemenangan melalui drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal.

Inggris pun juga bermain imbang 1-1 dalam waktu normal saat menghadapi Denmark di semifinal. Namun, The Three Lions bisa menyegel tiket final Euro 2020 lewat kemenangan 2-1 berkat gol Harry Kane pada masa extra time.

Pertemuan antara Italia dan Inggris di final Euro 2020 ini akan sangat menarik. Jelang pertemuan tersebut, berikut fakta-fakta menarik di antara kedua tim saat bertemu pada laga-laga sebelumnya.

Video

2 dari 2 halaman

Fakta Pertemuan Italia Vs Inggris

  • Timnas Italia dan Inggris tercatat sudah bertemu dalam 27 pertandingan. Dari total tersebut, Gli Azzurri mampu mengemas lebih banyak kemenangan, yaitu dalam 11 pertandingan. Sementara Inggris meraih delapan kemenangan, dan delapan laga lainnya berakhir imbang.
  • Italia tercatat tidak pernah meraih kemenangan dalam delapan pertemuan pertama dengan Inggris. Sementara Inggris mampu menang dengan gol tunggal dalam tujuh laga terakhir.
  • Inggris selalu mengalami kekalahan dan tersingkir dari turnamen dalam pertemuan kedua tim di Euro sebelumnya. Gol Marco Tardelli membawa Italia menang 1-0 atas Inggris di fase grup Euro 1980 dan Inggris juga mampu menang lewat drama adu penalti di perempat final Euro 2012 yang dikenang lewat penalti panenka Andrea Pirlo ke gawang Joe Hart.
  • Italia tidak pernah kalah dari Inggris dalam pertandingan di putaran final turnamen besar. Kemenangan 2-1 di pertandingan perebutan tempat ketiga di Piala Dunia 1990 dan fase grup Piala Dunia 2014 adalah dua di antaranya.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer