Sukses


3 Statistik Unik yang Menunjukkan Italia Lebih Superior Ketimbang Inggris, Auto Juara Euro 2020?

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia akan menghadapi Timnas Inggris pada final Euro 2020, Senin (11/7/2021) dini hari WIB. Gli Azzurri memiliki sederet statistik unik yang menunjukkan bahwa mereka lebih superior dibandingkan Si Tiga Singa.

Stadion Wembley bakal menjadi saksi tim mana yang akan mengangkat trofi Euro 2020. Timnas Inggris mengincar gelar pertamanya, sementara Timnas Italia mengejar gelar keduanya setelah terakhir kali diraih pada 1968.

Baik Inggris dan Italia sama-sama belum terkalahkan selama Euro 2020. Bedanya, The Three Lions menelan satu kali hasil imbang, sementara Jorginho dkk. melalui semua laga dengan kemenangan.

Satu hal yang menarik, meski Italia terkenal dengan pertahanan kuatnya, Inggris sedikit lebih digdaya. Sejak babak grup, gawang Jordan Pickford baru sekali kebobolan.

Timnas Inggris boleh merasa jemawa dan dalam optimisme tinggi karena final Euro 2020 digelar di kandang sendiri, Stadion Wembley. Namun sejumlah catatan berikut ini menunjukkan bahwa Timnas Italia lebih superior.

Video

2 dari 4 halaman

Kemenangan Terakhir Inggris

Timnas Inggris terakhir kali meraih kemenangan atas Timnas Italia di kompetisi resmi terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 1978. Saat itu, mereka menang 2-0.

Akan tetapi, setelah itu, Inggris tak pernah menang lagi atas Italia di arena kompetitif. Artinya, di kompetisi, baik itu kualifikasi atau putaran final, Inggris selalu gagal menaklukkan Italia.

 

3 dari 4 halaman

Rekor Adu Penalti

Final Euro 2020 diprediksi bakal berlangsung alot dan mesti diakhiri melalui babak adu penalti. Italia, unggul dalam statistik ketimbang Inggris.

Italia memenangi tiga dari lima adu penalti sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Eropa. Sementara Inggris hanya sekali dari empat drama adu penalti.

 

4 dari 4 halaman

Kandang Bukan Jaminan

Sejarah mencatat, enam kali tuan rumah lolos ke final Piala Eropa. Namun, hanya tiga tim saja yang mampu keluar sebagai juara.

Spanyol (Euro 1964), Italia (1968), dan Prancis (1984) adalah tiga tim tersebut. Sementara Prancis gagal pada Euro 2016, dan Portugal kalah menyesakkan dari Yunani pada Euro 2004.

Video Populer

Foto Populer