Sukses


Giorgio Chiellini Ungkap Rahasia Epic Comeback Timnas Italia di Euro 2020 Hingga Menang Adu Penalti

Bola.com, London - Kapten Timnas Italia, Giorgio Chiellini, buka suara di balik keberhasilan timnya menjuarai Euro 2020. Menurut Chiellini, kunci kemenangan Gli Azzurri terletak pada penguasaan bola dan menikmati permainan.

Timnas Italia menjuarai Euro 2020 setelah mengalahkan Timnas Inggris melalui adu penalti dengan skor 3-2 pada final yang digelar di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Pemenang harus ditentukan melalui adu penalti setelah kedua tim bermain 1-1 selama 120 menit.

"Kuncinya adalah selalu bermain sepak bola dan menikmatinya secara pribadi. Kami ingin mengendalikan permainan, mempertahankan penguasaan bola," kata Chiellini kepada RAI Sports.

Chiellini tak menampik, gol cepat Timnas Inggris pada menit kedua yang dicetak Luke Shaw menjadi pukulan telak untuk Timnas Italia. Namun, Timnas Italia berhasil menguasai jalannya pertandingan dan akhirnya mencetak gol penyeimbang melalui Leonardo Bonucci (67').

"Meski mendapatkan pukulan telak dalam waktu dua menit awal pertandingan, namun kami mampu mendominasi sisa pertandingan. Melakukannya dengan segala cara," tegas Chiellini.

Pada babak adu penalti, tiga dari lima eksekutor Timnas Italia yang berhasil melakukan tugasnya yakni Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernadeschi. Adapun Andrea Belotti dan Jorginho gagal.

Sementara itu, dua dari lima eksekutor Timnas Inggris yang sukses melakukan tugasnya adalah Harry Kane dan Harry Maguire. Adapun, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal mencetak gol. Timnas Italia berhak angkat trofi Euro 2020 dengan kemenangan 3-2.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Penantian Panjang

Timnas Italia harus menunggu 53 tahun untuk kembali menjuarai Euro. Selain itu, Timnas Italia juga harus menerima dua kekalahan di final yakni pada edisi 2000 dan 2012.

Secara keseluruhan, Timnas Italia sudah mengoleksi enam gelar turnamen elite dunia. Rinciannya adalah empat gelar Piala Dunia dan dua gelar Euro.

Timnas Italia hanya kalah satu trofi dari Timnas Jerman sebagai tim Eropa pengoleksoi gelar terbanyak. Jerman sejauh ini sudah mengemas tujuh gelar turnamen elite.

Sumber: RAI Sports via Football Italia

Video Populer

Foto Populer