Pesan Gianluigi Buffon untuk Fans Timnas Italia

Oleh Liputan6.com pada 06 Sep 2017, 17:48 WIB
Diperbarui 06 Sep 2017, 17:48 WIB
FOTO: Bungkam Israel, Italia Tempel Ketat Spanyol
Kiper Italia, Gianluigi Buffon, merayakan kemenangan atas Israel pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Reggio Emilia, Italia, Selasa (5/9/2017). Italia menang 1-0 atas Israel. (AFP/Vicenzo Pinto)

Roma - Gianluigi Buffon mengirim 'pesan' khusus bagi fans Timnas Italia yang berbuat kurang menyenangkan, Selasa (5/9/2017) atau Rabu (6/9/2017) dini hari WIB. Gianluigi Buffon membalas kritik yang suporter saat timnas Italia bertemu Israel pada lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup G Zona Eropa.

Bertarung di Stadion Citta Del Tricolore, Italia menang tipis 1-0. Meski memetik tiga poin, suporter Gli Azzurri tidak terlalu puas dengan penampilan tim kesayangannya. Mereka tidak henti-hantinya mengejek para pemain di lapangan. Suporter timnas Italia kecewa melihat para pemainnya tampak kesulitan menjebol gawang Israel.

Italia sebenarnya mendominasi jalannya pertandingan. Bahkan statistik penguasaan bola menunjukkan Italia jauh lebih dominan dengan 72 persen dan Israel hanya 28 persen.. “Ya, selalu saja ada ejekan ketika kami tidak bisa memecahkan kebuntuan, tapi itulah filosofi kami,” ujar Buffon kepada Rai Sport sambil tersenyum.

"Tidak ada yang peduli dengan penguasaan bola. Bagi Spanyol, jika mereka membuat 200 umpan dalam 20 meter, suporter mereka akan bertepuk tangan. Tapi di sini, suporter akan mengejek,” imbuh Buffon.

Setelah dipermalukan Spanyol 0-3, timnas Italia sebenarnya berusaha melampiaskan kekecewaannya kepada Israel. Itu sebabnya, pelatih Giampiero Ventura, menerapkan skema menyerang 4-2-4. Namun, Gli Azzurri tampak belum terbiasa dengan formasi ini.

"Pelatih yang membuat keputusan. Itu tugas dia. Itu tentunya terinspirasi oleh kami, para pemain. Saya pikir dia bekerja dengan baik,” kata Gianluigi Buffon, membela Ventura. (Abul Muamar)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini