Sukses


    3 Pemain yang Kembali Berseragam Timnas Italia

    Jakarta Timnas Italia akan menghadapi Swedia dalam babak play-off Piala Dunia 2018. Gli Azzuri terpaksa harus melewati babak play-off lantaran sebelumnya hanya mampu finis sebagai runner-up di babak kualifikasi di Grup G Zona Eropa, di bawah Spanyol.

    Italia akan bertandang lebih dahulu ke markas Swedia di Stadion Friends Arena, Sabtu (11/11/2017). Tiga hari berikutnya, 14 November, Gianluigi Buffon dan kawan-kawan akan gantian menjamu Swedia di San Siro.

    Swedia sendiri bukan lawan enteng. Mereka membuat tim sekelas Belanda harus absen di Piala Dunia tahun depan.

    Meski sudah tidak lagi diperkuat Zlatan Ibrahimovic, Swedia masih tetap kuat.

    Menyadari hal itu, pelatih timnas Italia, Giampiero Ventura, mempersiapkan skuat terbaik. Awal pekan ini ia sudah mengumumkan 27 pemain yang akan dibawa.

    Beberapa di antaranya baru dipanggil kembali setelah dicoret beberapa periode. Mereka dipanggil lagi lantaran penampilannya di klub saat ini tengah naik daun.

    Berikut tiga pemain yang baru dipanggil lagi ke dalam skuat timnas Italia.

    2 dari 4 halaman

    Jorginho

    Satu hal yang paling banyak diperbincangkan di Italia awal pekan ini adalah dipanggilnya gelandang Napoli, Jorginho, oleh Ventura. Itu lantaran sebelumnya Ventura sempat menyatakan bahwa pemain berusia 25 tahun itu tidak cocok untuk Italia.

    Belakangan, setelah sang pemain ditolak oleh timnas Brasil, Ventura berubah pikiran dan memasukkannya ke dalam skuat Gli Azzuri. Memang, ini bukan pertama kali Jorginho tergabung ke dalam skuat Gli Azzurri.

    Ia sudah menjalani debutnya sejak 24 Maret 2016. Total, Jorginho sudah dua kali tampil membela Italia, meski hanya sebagai pemain pengganti. Namun, dua pertandingan itu hanya merupakan laga persahabatan. Jadi, secara peraturan, Jorginho sejatinya masih berpeluang membela timnas Brasil.

    Baru-baru ini, Ventura menegaskan bahwa tidak ada unsur politis dalam pemanggilan Jorginho. “Tidak ada hal politis. Dia memang bermain bagus. Sebelumnya saya katakan bahwa dia tidak dipanggil karena kami bermain dengan formasi yang tidak cocok untuknya. Tapi sekarang kami menghadapi dua pertandingan yang sangat penting. Kami akan bermain di Piala Dunia selama lebih dari 72 jam dan kami punya kesempatan untuk memilih,” ujarnya, seperti dilansir Football Italia.

    Hal senada juga disampaikan agen Jorginho, Joao Santos. Ia mengatakan, sejak awal, kliennya memang lebih tertarik untuk bergabung dengan timnas Italia ketimbang Brasil.

    “Dia diyakinkan dengan pemanggilan ini. Ventura bilang dalam beberapa kali kesempatan wawancara bahwa dia ingin lolos ke Piala Dunia dengan lebih dari satu formasi. Dengan begitu, ada kesempatan bagi Jorginho bermain di Rusia jika dia bermain bagus mulai sekarang hingga Maret (2018),” katanya.

    3 dari 4 halaman

    Simone Zaza

    Simone Zaza kembali menemukan permainan terbaiknya musim ini bersama Valencia. Dalam 11 pertandingan di La Liga, striker yang dicampakkan Juventus itu sudah mencetak sembilan gol, menyamai rekor yang hanya pernah dicapai oleh Lionel Messi.

    Karena penampilannya yang gemilang itu, Zaza kembali dipanggil masuk ke dalam skuat Italia. Penyerang berusia 26 tahun itu menyingkirkan beberapa penyerang Italia lainnya yang juga sedang naik daun, seperti Mario Balotelli, Roberto Inglese, dan Fabio Quagliarella.

    Zaza sudah menjalani debutnya bersama timnas Italia sejak 4 September 2014. Secara keseluruhan, ia sudah mengoleksi 16 caps internasional. Namun sejak Desember 2016, ia dicoret. Terakhir ia tampil satu menit saat melawan Jerman dalam laga persahabatan, 15 November 2016.

    Rencananya, Ventura akan menduetkan Zaza dengan striker Lazio yang tengah on-fire, Ciro Immobile.

    4 dari 4 halaman

    Alessandro Florenzi

    Satu lagi pemain yang dipanggil kembali ke dalam skuat timnas Italia adalah Alessandro Florenzi. Gelandang AS Roma ini terakhir kali bermain untuk Italia saat menghadapi Spanyol di babak kualifikasi Piala Dunia Grup G, 6 Oktober 2016. Waktu itu skor berakhir imbang, 1-1.

    Sejak menjalani debutnya pada 14 November 2012, Florenzi sudah mengoleksi 24 caps bersama timnas Italia. Tiga di antaranya dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2018. Ia juga tampil dalam ajang Piala Eropa 2016 di Prancis.Setahun tercoret dari timnas, Florenzo kini dipanggil kembali. Itu tidak terlepas dari penampilannya bersama AS Roma musim ini.

    Gelandang berusia 26 tahun itu mencuri tempat utama di bawah asuhan Eusebio Di Francesco dan sejauh ini menyumbang satu gol serta satu assist dalam sembilan penampilan. (Abul Muamar)

    Video Populer

    Foto Populer