Timnas Brasil Pilih Empat Pemain PSG

Oleh Harley.Ikhsan pada 17 Feb 2018, 10:23 WIB
Diperbarui 31 Mei 2018, 11:14 WIB
Brasil, Bolivia, Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL

Rio de Janeiro - Pelatih Timnas Brasil Adenor Bacchi 'Tite' sudah mulai menyebut nama-nama yang akan dibawanya ke Piala Dunia 2018 nanti. Dari belasan nama yang disebut, ada empat pemain Paris Saint-Germain (PSG) yang terpilih yaitu Daniel Alves, Marquinhos, Thiago Silva, dan Neymar.

Pada wawancara dengan UOL Esporte, Tite juga memaparkan 11 nama lain yang akan memperkuat Timnas Brasil di Rusia.

Mereka adalah Roberto Firmino (Liverpool), Willian (Chelsea), Gabriel Jesus (Manchester City), Fernandinho (Manchester City), Philippe Coutinho (Barcelona), Paulinho (Barcelona), Casemiro (Real Madrid), Marcelo (Real Madrid), Alisson (AS Roma), Miranda (Inter Milan), dan Renato Augusto (Beijing Guoan).

Jika bebas cedera, Tite menyatakan para pemain tersebut pasti membela Selecao. "Daftar skuat hampir lengkap," kata Tite, dilansir ESPN.

Keputusan Tite mengumumkan mayoritas anggota skuat Timnas Brasil cukup mengejutkan.

2 of 3

Dampak Negatif

Neymar Jr, Brasil, Ekuador, Kualifikasi Piala Dunia
Para pemain Brasil mengikuti sesi latihan bersama. (AP/Andre Penner)

Pasalnya, dia masih memiliki banyak waktu untuk melakukannya. Keputusannya bicara ke publik juga berpotensi menciptakan dampak negatif bagi mental pemain saat membela klub masing-masing. Mereka bisa kehilangan motivasi karena fokus tertuju ke timnas.

Di sisi lain, manuver Tite berpotensi menambah semangat pemain yang belum masuk skuat. Tersisa delapan tempat bagi pemain lain. Beberapa yang berjuang adalah Ederson (Manchester City), Alex Sandro (Juventus), dan Douglas Costa (Juventus).

3 of 3

Tenggat dari FIFA

Pada pengumuman terakhirnya, FIFA meminta peserta Piala Dunia 2018 mengirim skuat sementara berisi maksimal 35 pemain pada 14 Mei mendatang. Sedangkan skuat resmi 23 pemain wajib didaftarkan pada 4 Juni.

Piala Dunia 2018 bergulir mulai 14 Juni hingga 15 Juli. Rusia terpilih sebagai tuan rumah pada 2 Desember 2010.

Lanjutkan Membaca ↓