Prediksi Spanyol Vs Argentina: Mencari Lini Lionel Messi

Oleh Nurfahmi Budi pada 27 Mar 2018, 08:34 WIB
Diperbarui 31 Mei 2018, 11:14 WIB
Spanyol Vs Argentina

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi menjadi satu di antara magnet terhangat jelang laga Timnas Spanyol kontra Timnas Argentina, di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Selasa (27/3/2018) atau Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. Menurut Pelatih Tim Tango, Jorge Sampaoli, Lionel Messi memiliki kans besar bermain.

Sebelumnya, saat Timnas Argentina bermain di Etihad Stadium, akhir pekan lalu, Lionel Messi membuat kecewa penonton. Kala itu, ikon klub Barcelona tersebut absen kontra Italia karena tak berada dalam kondisi fisik yang prima.

Kini, kondisi berbeda Lionel Messi menjadi perbincangan hangat. Hal tersebut berlatar komentar Pelatih Timnas Argentina, Jorge Sampaoli. Sang entrenador mengaku masih mencari formula yang pas guna 'mengerti dan memahami' Lionel Messi, sehingga sang kapten bisa tampil tajam seperti bersama Barcelona.

"Mustahil memberi pelajaran kepada Lionel Messi, tentang apapun. Leo sangat luar biasa, sehingga Anda tak perlu mengajarinya. Anda justru harus mengerti tentangnya, membangun tim yang mengetahui apa kemauannya, itu yang sedang kami ciptakan," jelas Sampaoli, seperti dirilis Marca, Selasa (27/3/2018).

Penjelasan Sampaoli merujuk pada asa publik Argentina yang masih berharap Lionel Messi bisa tampil spektakuler bersama Timnas Argentina, sesuatu yang selama ini tak pernah muncul. Sampaoli tak menyangkal masih sulit membentuk lingkungan yang sesuai gaya bermain Lionel Messi.

"Bertemu Spanyol akan menjadi ujian bagi kami bagaimana bekerja dengan Messi. Kami harus belajar bagaimana bekerja sama dengan tipe pemain seperti Messi, yang memang sangat jarang tercipta di dunia ini," kata Sampaoli.

Beberapa media di Spanyol merilis kondisi terkini Lionel Messi yang sudah mulai berlatih bersama rekan-rekannya. "Messi berlatih secara normal bersama rekan-rekannya. Jika tak ada risiko, Messi akan bermain," tegas Sampaoli.

Pada sesi persahabatan pekan ini, Sampaoli memiliki beberapa pemain yang dianggap bisa menciptakan lingkungan tepat bagi Messi. Kombinasi Messi, Angel Di Maria dan Manuel Lanzini, menjadi favorit guna menyokong pergerakan Gonzalo Higuain.

Variasi lain dengan menempatkan Angel Correa tepat di belakang Higuain atau Sergio Aguero. Sementara Lionel Messi beroperasi dari sisi kanan, dan Di Maria mengancam Spanyol melalui area kiri.

 

2 of 4

Komposisi Berubah

Komposisi tersebut masih bisa berubah, karena Tim Tango masih memiliki beberapa pemain potensial, seperti Lautaro Martinez dan Giovani Lo Celso. Duo anak muda tersebut berhasil memerlihatkan talenta kala Argentina menekuk Italia, akhir pekan lalu.

Pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui menganggap perjumpaan dengan Timnas Argentina bakal menjadi pertandingan 'serius'. Dia menyebut kualitas tim tamu bisa menjadi gambaran apa yang mereka perbuat di Rusia 2018.

"Argentina tak hanya Messi, tapi ada beberapa pemain yang bisa menjadi penentu corak permainan. Saya harap Argentina bisa menampilkan itu, dan pertemuan kami bakal menjadi ujian yang sebenarnya," terang Julen Lopetegui.

Hal serupa terucap dari Sampaoli. Ia memastikan Timnas Argentina akan bermain lebih waspada dan solid. "Spanyol tahu bagaimana bermain, karena mereka yang terbaik di dunia saat ini. Apa yang kami sedang cari, Spanyol sudah menciptakan itu," puji Sampaoli.

Satu yang bakal menjadi ujian bagi Timnas Argentina adalah memecah dominasi penguasaan bola dari kaki-kaki para pemain Spanyol. Menurut gelandang Timnas Argentina, Ever Banega, tugas utama rekan-rekannya adalah memerhatikan setiap titik lemah lawan agar bisa merebut bola.

"Kami harus bekerja keras mengejar penguasaan bola, yang menjadi senjata andalan Spanyol. Identitas permainan Spanyol itu yang akan menentukan bagaimana kami bermain," sebut Banega, yang pernah mengadu nasib di ranah sepak bola Spanyol.

 

3 of 4

Masalah Tuan Rumah

Pada sisi lain, bukan berarti Spanyol tanpa masalah kala bersua Argentina. Satu di antara kendala besar Julen Lopetegui adalah menentukan siapa yang layak menjadi andalan lini depan di Rusia 2018.

Nama Diego Costa berada di depan, meski masih diragukan karena tampil tumpul bersama Atletico Madrid. Sosok Rodrigo Moreno dianggap terlalu mudah, sementara Alvaro Morata tak konsisten, dan Iago Aspas dinilai sudah telat.

"Siapa yang akan mengisi posisi lini depan menjadi pekerjaan berat, meski menentukan di area tengah juga tak kalah rumit. Saya yakin akan ada sinyal setelah laga kontra Timnas Argentina," sebut Julen Lopetegui.

Sekadar gambaran, pada tujuh laga terakhir, Costa belum bermain sejak awal. Morata terpilih dua kali, dan Moreno tiga pertandingan. Benefit tertuju ke arah Iago Aspas, yang sedang tampil paling bagus di antara tiga pesaingnya.

Ia sudah mencetak 16 gol bagi Celta Vigo di pentas La Liga, alias terbanyak di antara para pemain Timnas Spanyol. Bagi Lopetegui, kesempatan menentukan skuat lini depan memang masih cukup karena La Furia Roja masih bersua Tunisia dan Swiss, sebelum berjibaku di Rusia 2018.

Walhasil, bersua Lionel Messi dkk di markas Atletico Madrid menjadi panduan awal bagi sang entrenador. Ia ingin mencari bayangan sosok yang tepat sebagai tukang gempur.

 

4 of 4

Head to Head dan Statistik

Head to Head

7/9/2010 Argentina 4 : 1 Spanyol (Persahabatan)

14/11/2009 Spanyol 2 : 1 Argentina (Persahabatan)

11/10/2006 Spanyol 2 : 1 Argentina (Persahabatan)

13/7/1966 Argentina 2 : 1 Spanyol (Piala Dunia)

5 Pertandingan Terakhir Timnas Spanyol

7/10/2017 Spanyol 3 - 0 Albania (Kualifikasi PD 2018)

10/10/2017 Israel 0 - 1 Spanyol (Kualifikasi PD 2018)

12/11/2017 Spanyol 5 - 0 Kosta Rika (Persahabatan)

15/11/2017 Rusia 3 - 3 Spanyol (Persahabatan)

24/3/2018 Jerman 1 - 1 Spanyol (Persahabatan)

5 Pertandingan Terakhir Timnas Argentina

6/10/2017 Argentina 0 - 0 Peru (Kualifikasi PD 2018)

11/10/2017 Ekuador 1 - 3 Argentina (Kualifikasi PD 2018)

11/11/2017 Rusia 0 - 1 Argentina (Persahabatan)

14/11/2017 Argentina 2 - 4 Nigeria (Persahabatan)

24/3/2018 Argentina 2 - 0 Italia (Persahabatan)

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓