Sukses


    Pelatih Timnas Korsel Umbar Taktik yang Akan Diterapkan di Piala Dunia

    Bola.com, Seoul - Pelatih Shin Tae-yong sudah memilih 28 pemain yang masuk daftar sementara Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Selain merilis nama-nama pemain, sang pelatih juga mengungkap hal lain.

    Shin mengindikasikan ia akan mengubah formasi kesayangan yang biasa diterapkannya untuk Timnas Korea Selatan saat tampil di Piala Dunia 2018.

    Hal ini sebenarnya bukan kejutan karena Shin terkenal sebagai pelatih 'bunglon' atau kerap mengubah-ubah formasi tim asuhannya, sejak ia menangani Timnas Korea Selatan U-20 dan U-23, jabatannya sebelum ia duduk di kursi panas timnas senior.

    Ia tak kesulitan meracik skema timnya, baik dengan tiga atau empat pemain di belakang, saat pertandingan. Pada Piala Dunia U-20 2017, di mana Korsel jadi tuan rumah, Shin tak pernah menggunakan formasi sama dalam empat pertandingan yang dijalani Timnas Korsel.

    Untuk Piala Dunia 2018, Shin mengisyaratkan ia tak hanya akan menggunakan skema 4-4-2 langganannya. Shin menggunakan formasi itu untuk Taeguk Warriors dalam pertandingan beberapa waktu terakhir ini.

    "Rencana A kami itu 4-4-2, tapi saya harus bilang, ini bisa berubah. Jika kami hanya menggunakan 4-4-2, beberapa pemain akan tumpang-tindih dalam beberapa posisi tertentu. Tapi, jika kami mengubah formasi, kami bisa memanfaatkan semua pemain," ujarnya.

    Hanya, pelatih 49 tahun itu mengungkapkan ia kemungkinan tak menyiapkan banyak opsi taktik untuk Piala Dunia 2018. Hal itu berkaitan dengan kedalaman skuatnya saat ini.

    "Saya rasa sulit bagi kami untuk berlatih dengan berbagai formasi karena skuat kami tidak dalam kondisi terbaik mengingat cedera yang menimpa pemain. Tapi, kami akan menguasai dua atau tiga formasi dan membangun kerja sama tim berdasarkan skema itu," tuturnya.

    Shin Tae-yong akan mengumumkan skuat final Timnas Korea Selatan pada 3 Juni 2018 atau setelah menjalani dua laga uji coba kandang.

    Sumber: Yonhap

    Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

    Video Populer

    Foto Populer