Bangkitnya Dominasi Real Madrid di Timnas Spanyol

Oleh Marco Tampubolon pada 22 Mei 2018, 19:35 WIB
Cetak Gol ke Argentina, Sepatu Kanan Isco Dicium Sergio Ramos

Jakarta Aroma Real Madrid kental di timnas Spanyol proyeksi Piala Dunia 2018. Dari 23 nama yang dipanggil pelatih kepala, Julen Lopetegui, enam di antaranya berasal dari skuat Los Blancos. 

Keenam pemain itu terdiri dari, Daniel Carvajal, Sergio Ramos, Isco, Marco Asensio, Lucas Vasquez, dan Nacho. Madrid jadi klub dengan pasokan pemain terbanyak di La Furia Roja.

Sementara di urutan kedua bercokol Barcelona yang menjadi juara La Liga musim ini dengan empat pemain. Atletico Madrid berada di urutan ketiga dengan tiga wakil. Sedangkan pemain-pemain lainnya berasal dari klub, Manchester United, Napoli, Athletic Club, Chelsea, Arsenal, Real Sociedad, Manchester City, Bayern Munich, Celta Vigo, dan Valencia.

Seperti dilansir Marca, komposisi ini mengingatkan pada Piala Dunia 1962 saat para pemain Real Madrid mampu mendominasi skuat Matador. Pada era tersebut, timnas Spanyol dihuni nama-nama seperti Araquistain, Santamaria, Gento, Del Sol, Di Stefano, dan Puskas. 

Namun dominasi Real Madrid di tim Matador terus menurun seiring bergulirnya waktu.Pada Piala Dunia 2002 lalu, sebanyak lima pemain Real Madrid masih memperkuat Timnas Spanyol. Masing-masing adalah, Iker Casillas, Helguera, Hierro, Raul Gonzales, dan Morientes. 

Namun saat golden era timnas Spanyol dimulai 2008 lalu, pasokan pemain Madrid justru merosot. Saat itu, Los Blancos hanya menempatkan dua pemainnya, yakni Cassilas dan Ramos. Sementara dominasi kini berpindah kepada Barcelona yang diwakili 3 pemain. 

Saat menjuarai Piala Eropa 2008, dominasi berpindah ke tangan Liverpool dan Valencia. Keduanya mengirimkan masing-masing empat pemain ke timnas Spanyol. Dominasi Barcelona kembali lagi pada Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2012, dan Piala Dunia 2014. Dalam tiga turnamen itu, Barca mengirimkan masing-masing tujuh pemainnya. 

Sementara Real Madrid hanya diwakili 5 pemain pada Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2014. Sedangkan pada Piala Eropa 2016, timnas Spanyol malah dihuni 2 pemain Madrid.

"Kami sudah memilih pemain yang kami rasa terbaik dan kami merasa punya modal untuk mengejar gelar tersebut dan mulai sejak saat ini," kata Lopetegui seperti dilansir AS.  

 

2 of 3

Ramos Paling Pengalaman

Cetak Gol ke Argentina, Sepatu Kanan Isco Dicium Sergio Ramos
Pemain timnas Spanyol merayakan gol kedua yang diciptakan Isco Alarcon saat pertandingan persahabatan melawan Argentina di stadion Wanda Metropolitano di Madrid (27/3). (AP Photo / Paul White)

Sergio Ramos menjadi pemain paling senior dari ukuran pengalaman bertanding bersama Timnas Spanyol. Hingga saat ini, Ramos memiliki jumlah caps terbanyak, yakni 151 kali. 

Angka ini melampaui pencapaian Andres Iniesta. Dia baru menyandang 125 caps. Sementara David Silva 119 caps, Sergio Busquets 100 caps, dan Gerard Pique dengan 96 caps. 

Sementara itu, dari segi usia, Pepe Reina bakal jadi pemain tertua yang menghuni Timnas Spanyol. Kiper Napoli itu telah berusia 38 tahun. Sedangkan pemain dengan usia termuda dipegang Marco Asensio yang bakal menjalani debut Piala Dunia-nya di usia 22 tahun.  

3 of 3

Tanpa Morata

Alvaro Morata
Pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui, tak menyertakan nama Alvaro Morata untuk dua pertandingan persahabatan melawan Jerman dan Argentina. (AFP/Gabriel Bouys)

Sementara itu, pemain Chelsea, Alvaro Morata, batal bertolak ke Rusia. Sesuai prediksi, namanya tidak masuk daftar 23 nama yang dipanggil Lopetegui. Selain Morata, pelatih berusia 51 tahun itu juga meninggalkan Cesc Fabregas dan Marcos Alonso.  

Morata sebenarnya sempat mencetak lima gol bersama Timnas Spanyol sepanjang babak kualifikasi. Sayang performanya terus menurun bersama Chelsea menyusul cedera yang menimpanya. Meski demikian, Lopetegui tetap merasa berat untuk tidak memanggilnya. 

"Ini jadi momen-momen sulit bagi pemain. Ini tidak baik, dia layak di sini," kata Lopetegui. 

"Saya punya pendapat penting dan itu menyakitkan, tapi saya harus memutuskan."

"Saya telah bicara kepada mereka yang pantas saya ajak bicara. Saya tidak akan menyebut siapa. Saya punya keraguan. Membuat 23 daftar itu merupakan keputusan yang sulit." 

Berikut ini 23 Pemain Timnas Spanyol:

 

 Sumber: Liputan6.com

 

Timnas Spanyol 2018
Daftar Timnas Spanyol Piala Dunia 2018. (Sefutbol)
Lanjutkan Membaca ↓