Sukses


    PSSI Bantu AS Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026

    Jakarta - Amerika Serikat kembali menggelar Piala Dunia. Pada 2026 Negeri Paman Sam menjadi tuan rumah bersama Meksiko dan Kanada. 

    Trio AS-Meksiko-Kanada dikenal dengan istilah United 2026. Saingannya adalah Maroko. 

    Voting digelar terhadap seluruh negara anggota FIFA (211), minus empat peserta bidding. United 2026 akhirnya menang usai mendapat 134 suara. Sementara Maroko hanya 65 suara. Berbeda dengan sebelumnya, Piala Dunia 2026 nanti akan diikuti sebanyak 48 negara. 

    Perwakilan PSSI yang hadir dalam Kongres FIFA tersebut yakni Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono dan Sekretaris Jenderal, Ratu Tisha Destria. Selain mengikuti Kongres FIFA, setiap federasi negara yang diundang oleh FIFA juga akan menyaksikan laga Piala Dunia 2018.

    "Kami rasa pada 2026 akan menjadi tantangan baru Piala Dunia, dengan jumlah peserta 48 yang sebelumnya 32. FIFA dan seluruh peserta Kongres, penuh kehati-hatian akan hal ini, agar sukses pelaksanaan Piala Dunia terus terjaga," kata Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono seperti dilansir situs resmi PSSI, Kamis (14/6/2018). 

    Joko menambahkan PSSI sangat mengapresiasi mekanisme baru FIFA yang melakukan voting terbuka dalam penentuan tuan rumah Piala Dunia.  Ia juga menyebut negara Maroko sudah mempersiapkan dengan baik, United 2026 juga demikian.

    "Usaha yang luar biasa yang dilakukan Maroko dan United 20206. Pilihan yang kita ambil akhirnya ke United 2026 dan akhirnya menjadi pilihan mayoritas," kata Joko. 

    "Hal ini mengindikasikan ada pertimbangan atau analisis rasional yang terukur. Dimana aspek sepakbola menjadi titik fokus. Kita pelajari betul skoring akhir FIFA (bidang Evaluation Task Force, serta di website FIFA.com). Sebelum voting kita ambil," jelasnya.

     

     

    2 dari 2 halaman

    Tidak Fokus Piala Dunia 2026

    Pria yang juga Wakil Presiden AFF ini juga mengaku bahwa fokus dan pekerjaan rumah PSSI bukan di Piala Dunia 2026. "Indonesia ingin memastikan agar percepatan pengembangan sepakbola dengan milestone terdekat 2024 (Olimpiade) berhasil sukses. Sebagai basis proyek bidding tuan rumah FIFA World Cup 2034," ujar Joko Driyono.

    Seperti diketahui, Amerika Serikat pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994 dan Meksiko pada tahun 1970 dan 1986. Sementara, Kanada pernah menggelar Piala Dunia Wanita pada 2015. Sedangkan bagi Maroko kekalahan dalam bidding ini sudah untuk kesekian kalinya. Maroko sering ikut bidding, tetapi selalu gagal.

     

    Sumber: Liputan6.com

     

    Saksikan juga video menarik di bawah ini:

    Video Populer

    Foto Populer