Australia Kalah dari Prancis, Bert van Marwijk Bangga Sekaligus Kecewa

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 16 Jun 2018, 21:20 WIB
Prancis, Piala Dunia 2018, Pesta Bola 2018

Bola.com, Kazan - Timnas Australia kalah 1-2 dari Timnas Prancis pada pertandingan pertama kedua tim di Grup C Piala Dunia 2018 yang digelar di Kazan Arena, Kazan, Sabtu (16/6/2018) sore WIB.

Pelatih Timnas Australia, Bert van Marwijk, mengaku kecewa melihat anak-anak asuhnya kalah. Namun, Bert van Marwijk tetap merasa bangga dan tak segan memberikan pujian.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Australia harus tertinggal lebih dulu setelah Antoine Griezmann dilanggar di kotak penalti dan berhasil melakukan eksekusi dengan sangat baik pada menit ke-58. Namun, Australia mampu bangkit dan membalas juga melalui eksekusi penalti Mile Jedinak empat menit berselang.

Namun, ketika pertandingan hendak memasuki 10 menit terakhir yang krusial, Prancis berhasil kembali unggul. Sebuah tembakan dari Paul Pogba yang sempat mengalami deflected, bola membentur mistar gawang dan masuk menjadi gol kedua untuk Prancis. Australia pun harus kalah 1-2 dari Les Bleus.

"Saya bangga tapi kecewa. Saya pikir kami telah memperlihatkan penampilan yang sangat bagus," ujar Van Marwijk setelah pertandingan seperti dilansir situs resmi Timnas Australia.

Rasa bangga tampak lebih mendominasi ungkapan pelatih asal Belanda itu. Van Marwijk menyebut tim asuhannya mampu membuat Les Bleus beberapa kali terlihat frustrasi di lapangan.

"Tak ada yang mengira kami bisa bermain seperti ini menghadapi Prancis. Namun, saya pikir ada begitu banyak momen ketika Prancis tak tahu harus melakukan apa lagi, jadi itu adalah sebuah pujian untuk kami," ujar Bert van Marwijk.

"Cara bermain yang kami inginkan, anak-anak melakukannya hingga 95 persen sehingga saya tidak bisa menyalahkan pemain manapun. Saya hanya bisa memuji mereka, setidaknya kami sebenarnya pantas mendapatkan hasil imbang," lanjut pelatih berusia 66 tahun itu.

Setelah kalah 1-2 dari Prancis di pertandingan pertama Grup C Piala Dunia 2018, Timnas Australia akan menantang Denmark. Socceroos akan tampil menghadapi Tim Dinamit itu pada pertandingan kedua yang digelar di Cosmos Arena, Samara, pada 21 Juni 2018.