Piala Dunia 2018: Deretan Angka Jelang Jerman Vs Meksiko

Oleh Rizki Hidayat pada 17 Jun 2018, 12:31 WIB
Diperbarui 17 Jun 2018, 12:31 WIB
Jerman Vs Meksiko
Piala Dunia 2018 Jerman Vs Meksiko (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Moscow - Jerman akan menghadapi Meksiko pada laga pembuka Grup F Piala Dunia 2018, di Stadion Luzhniki, Minggu (17/6/2018). Berstatus juara bertahan, Die Mannschaft diprediksi bakal mengalahkan Meksiko.

Jerman tampil meyakinkan pada fase kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Tim asuhan Joachim Low itu meraih tiket lolos ke Rusia dengan status juara Grup C. Mereka mendulang 30 poin hasil dari 10 kemenangan beruntun.

Berbekal catatan tersebut, timnas Jerman tampil pada putaran final Piala Dunia 2018 dengan status tim unggulan. Apalagi, mereka masih diperkuat pemain-pemain yang turut mempersembahkan titel Piala Dunia 2014, mulai dari Manuel Neuer, Jerome Boateng, Toni Kroos, hingga Thomas Muller.

Andai keluar sebagai juara pada tahun ini, timnas Jerman akan mengukir rekor, yakni negara pertama yang mempertahankan trofi juara Piala Dunia dalam kurun waktu 80 tahun terakhir. Timnas Italia menjadi negara pertama yang menorehkan hal tersebut pada perhelatan 1934 dan 1938.

Bersua Meksiko dalam laga perdana Piala Dunia 2018, Jerman diyakini akan mendulang tiga poin. Sebab, Jerman belum pernah menelan kekalahan dari empat pertandingan terakhir kontra Meksiko, dengan rincian tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Akan tetapi, Meksiko harus tetap diwaspadai. Apalagi, tim berjuluk El Tri itu lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 sebagai pemuncak klasemen kualifikasi zona CONCACAF. Meksiko mengoleksi 21 poin hasil dari enam kemenangan, tiga kali imbang, dan sekali kalah.

 

2 dari 4 halaman

Head to head

1 - Meksiko hanya meraih satu kemenangan dari 11 pertandingan terakhir kontra Jerman (5 imbang; 5 kalah) di seluruh ajang kompetisi. Satu-satunya kemenangan itu didapat dalam laga persahabatan pada Juni 1985.

4 - Ini akan menjadi pertemuan keempat Meksiko versus Jerman di turnamen resmi. Dari tiga laga sebelumnya, Jerman meraih tiga kemenangan.

 

3 dari 4 halaman

Jerman

2- Joachim Low berpeluang menjadi pelatih kedua sepanjang sejarah Piala Dunia yang berhasil merengkuh trofi Piala Dunia secara beruntun. Vittorio Pozzo menjadi yang pertama setelah membawa timnas Italia keluar sebagai juara pada 1934 dan 1938.

4 - Timnas Jerman menembus hingga semifinal dalam empat keikutsertaan terakhir di Piala Dunia. Mereka juga selalu lolos ke fase knock-out sebagai juara grup sejak 1990.

1 - Timnas Jerman hanya meraih satu kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan dua kekalahan dari enam laga persahabatan terakhir setelah kualifikasi Piala Dunia 2018 usai.

 

4 dari 4 halaman

Meksiko

6 - Meksiko selalu lolos ke-16 besar dalam enam putaran final Piala Dunia terakhir. Namun sejauh ini, mereka hanya dua kali lolos hingga ke perempat final, yakni pada Piala Dunia 1970 dan 1986.

16 - Ini akan menjadi untuk ke-16 kalinya Meksiko tampil pada putaran final Piala Dunia. Hanya Brasil, Jerman, Italia, dan Argentina yang lebih sering tampil pada putaran final Piala Dunia.

0 - Di antara delapan tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia hingga 14 kali lebih, Meksiko menjadi satu-satunya tim yang belum pernah keluar sebagai juara.

0 - Meksiko belum pernah menelan kekalahan dalam pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia, setelah kalah 0-1 dari Norwegia pada 1994 (4 menang; 1 imbang).

2 - Meksiko hanya menelan dua kekalahan dari 17 pertandingan pada babak penyisihan grup putaran final Piala Dunia (8 menang; 7 imbang). Dua kekalahan itu terjadi saat takluk 1-2 dari Portugal pada 2006, dan menyerah 0-1 dari Uruguay pada 2010.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓