Sukses


    11 Fakta Menarik Duel Kolombia Vs Jepang

    Bola.com, Jakarta - Laga berat akan dilakoni Jepang saat meladeni Kolombia pada matchday pertama Grup H Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Saransk, Selasa (19/6/2018).

    Kedua tim dihadapkan pada masalah kebugaran pemain menjelang laga ini. Pelatih Kolombia, Jose Pekerman, masih menanti kesiapan James Rodriguez yang sempat didera cedera otot.

    James tentu diharapkan bisa bermain di laga ini. Perannya di lini tengah sangat krusial untuk memasok umpan ke para pemain depan Los Cafeteros.

    Di kubu Jepang, striker Shinji Okazaki bermasalah dengan betisnya selama beberapa hari terakhir. Hal ini membuat pemain Leicester City kemungkinan besar tidak akan bermain melawan Kolombia.

    Kemungkinan absennya Okazaki, membuat Yoshinori Muto (Mainz) atau pemain Werder Bremen, Yuya Osako, akan bermain sejak awal pertandingan.

    Sementara itu, pelatih Jepang, Akira Nishino, agaknya bakal mencadangkan Keisuke Honda. Mantan pemain AC Milan itu sedang dalam periode negatif karena sudah tidak 21 bulan tidak lagi mencetak gol buat Jepang.

    Berikut fakta jelang laga Kolombia melawan Jepang di Mordovia Arena:

    2 dari 3 halaman

    Fakta Menarik Kolombia

    - Kolombia tidak pernah bermain imbang tanpa gol dalam 18 laga mereka di Piala Dunia. Dua tim yang memainkan laga lebih banyak di Piala Dunia tanpa hasil imbang 0-0 adalah Amerika Serikat (33 laga) dan Austria (29).

    - Tim asuhan Jose Pekerman hanya mencetak 21 gol dari 18 laga di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Hanya ada tiga pemain Kolombia yang mencetak lebih dari satu gol pada kualifikasi, yaitu James Rodriguez (enam gol), Carlos Bacca (tiga), dan Falcao (dua).

    - Kolombia hanya memenangi dua dari sembilan laga jelang tampil di Piala Dunia (lima imbang dan dua menang). Dua laga terakhir melawan Australia dan Mesir berakhir tanpa gol.

    - Kolombia meraih empat kemenangan di Piala Dunia 2014. Jumlah kemenangan ini lebih banyak dari total empat penampilan mereka di Piala Dunia (tiga kemenangan dari 13 pertandingan).

    - Los Cafeteros, julukan Kolombia, mencetak 12 gol dari lima laga di Piala Dunia 2014. Hal itu berarti Kolombia rata-rata mencetak 2,4 gol per laga dan catatan itu hanya kalah dari Jerman. Bintang Kolombia, James Rodriguez, berperan untuk delapan dari 12 gol di Piala Dunia 2014 (enam gol dan dua assist).

    - Juan Cuadrado mengemas empat assist di Piala Dunia Brasil, empat tahun lalu. Jumlah assistnya merupakan yang terbanyak bersama gelandang Jerman, Toni Kroos.

     

    3 dari 3 halaman

    Fakta Menarik Jepang

    - Jepang gagal menang dalam enam laga terakhir mereka saat Piala Dunia berlangsung di benua Eropa. Dari enam laga itu, Jepang menelan lima kekalahan.

    - The Blue Samurai, julukan Jepang, tidak pernah mengalahkan tim dari Amerika Selatan di Piala Dunia (satu imbang dan tiga kalah).

    - Dari lima edisi Piala Dunia, Jepang hanya satu kali menang di laga pembuka saat mengalahkan Kamerun 1-0 tahun 2010.

    - Jepang mengalahkan Paraguay 4-2 saat masa persiapan, namun itu baru kemenangan kelima yang diraih Jepang sepanjang tahun 2018. Jepang bermain imbang melawan Mali, kalah dari Ukraina, Ghana, dan Swiss.

    - Keisuke Honda terlibat dalam lima dari enam gol Jepang pada dua edisi terakhir Piala Dunia. Honda juga mencetak tiga gol dan mengemas dua assist, namun Honda belum lagi mencetak gol dalam 14 laga terakhirnya bersama Jepang.

     

    Video Populer

    Foto Populer