Portugal Menang, Santos Tetap Kesal

pada 21 Jun 2018, 12:32 WIB
Diperbarui 23 Jun 2018, 12:16 WIB
Fernando Santos dan Cristiano Ronaldo

Jakarta Fernando Santos mengaku sangat tidak puas dengan kinerja timnas Portugal dalam pertandingan melawan Maroko. Meski Portugal menang, tetapi Santos menilai permainan timnya sangat buruk.

Portugal berhasil meraih kemenangan penting 1-0 pada pertandingan kedua mereka di Grup B Piala Dunia 2018. Kemenangan itu membawa Portugal selangkah lebih dekat dengan kelolosan ke babak 16 besar sekaligus membuat maroko tereliminasi.

Tapi Santos melihat lebih banyak aspek negatif dibanding aspek positif dari penampilan timnya dalam laga tadi. Ia pun tak ragu mengkritik kinerja Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

2 of 4

Tidak Puas Dengan Performa Tim

Selebrasi Ronaldo Usai Cetak Gol ke Gawang Maroko
Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo melakukan tendangan bebas saat bertanding melawan Maroko pada lanjutan grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia (20/6). Portugal menang tipis 1-0 atas Maroko. (AP Photo / Matthias Schrader)

Fernando Santos menyesalkan kegagalan Portugal dalam mencoba mengendalikan jalannya permainan. Bagi Santos, kemenangan Portugal dalam laga ini lebih condong karena faktor keberuntungan dibanding kinerja apik para pemainnya.

Setelah unggul cepat lewat sundulan Cristiano Ronaldo pada menit keempat, Portugal lalu ditekan nyaris sepanjang pertandingan. Selain itu, Portugal juga banyak melakukan kesalahan sendiri.

"Kami harus melihat kinerja kami ini, dan kami perlu membicarakannya. Kami kehilangan kendali pertandingan. Kami banyak sekali melakukan salah umpan, dan kami akhirnya kehilangan kepercayaan diri. Memang benar bahwa saya tidak puas dengan performa tim saya dalam pertandingan melawan Maroko tadi," terang Santos seperti dilansir ESPN.

3 of 4

Tak Bisa Dijelaskan

Selebrasi Ronaldo Usai Cetak Gol ke Gawang Maroko
Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Maroko pada lanjutan grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia (20/6). Ronaldo telah mencetak 4 gol selama turnamen ini. (AP Photo / Francisco Seco)

Fernando Santos mengaku tak bisa menjelaskan mengapa timnya bisa bermain sedemikian buruk. Menurutnya, Portugal sudah melakukan kesalahan yang sangat fatal tapi untungnya gagal dimanfaatkan oleh maroko.

Dalam pandangan Santos, Maroko memiliki kemampuan untuk menghabiskan tenaga Portugal jika sampai dibiarkan menguasai bola. Meski demikian, ia masih bersyukur karena Portugal bisa menang dan peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup B masih terbuka.

"Semuanya tadi sungguh sulit dijelaskan. Dalam pertandingan melawan tim seperti Maroko, jika anda tidak menguasai bola, maka lawan akan menghabiskan tenaga anda dan membuat anda dalam masalah besar," terang Santos.

"Semuanya belum selesai. Kami masih harus menjalani pertandingan yang sangat sulit menghadapi Iran. Kami ingin lolos sebagai juara grup."

4 of 4

Intensitas Rendah

Fernando Santos
Fernando Santos

Meski bisa menekan Portugal, Maroko tak bisa menyelesaikan peluang-peluang yang mereka ciptakan untuk menjadi gol. Salah satu faktornya adalah karena kinerja Rui Patricio yang sangat cemerlang di bawah mistar gawang Portugal.

Tapi Santos tetap kecewa. Pasalnya, kesalahan semacam ini sudah ia lihat dalam pertnaidngan pertama melawan Spanyol. Santos berharap pasukannya bisa belajar dari pertandingan tadi dan menjadi lebih baik nantinya.

"Tak ada intensitas dalam permainan kami. Tim Portugal ini sebenarnya memiliki banytak pemain dengan skill dan kecepatan tinggi. Kami memulai dengan baik tapi kemudian berada di bawah tekanan. Semuanya jadi sangat sulit," urai Santos.

"Sama seperti pertandingan melawan Spanyol, setelah 10 atau 15 menit, kami kehilangan kendali permainan dan juga penguasaan bola. Ada banyak sekali salah umpan, para pemain kami seperti resah. Kami harusnya bisa menghadapi tekanan lawan dengan baik serta tetap menguasai bola. Jika tidak bisa melakukannya, maka kami akan berada dalam masalah."

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓