Pelatih Denmark: VAR Merebut Pesona Piala Dunia

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 22 Jun 2018, 00:55 WIB
Diperbarui 24 Jun 2018, 00:16 WIB
Timnas Denmark, Piala Dunia 2018.

Bola.com, Samara - Pelatih timnas Denmark, Age Hareide, merasa dirugikan teknologi video asisstant referee (VAR) saat timnya bermain imbang 1-1 lawan Australia pada laga kedua penyisihan Grup C Piala Dunia 2018, Kamis (21/6/2018). Dia menyebut VAR telah merenggut daya tarik Piala Dunia.

Pada laga yang berlangsung di Samara Arena, Denmark unggul lebih dulu pada menit ke-7. Sepakan keras dari Christian Eriksen dari dalam kotak penalti tak mampu dibendung kiper Australia.

Pada menit ke-38, Australia mendapatkan penalti setelah Yussuf Poulsen melakukan handball di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih setelah melihat tayangan ulang.

"Saya percaya itu adalah penalti tapi seluruh masalah dengan VAR adalah ada orang di suatu tempat di Rusia yang memutuskan untuk melihat situasi ini karena itu terlihat seperti pelanggaran," kata Hareide.

"Itu tak masalah, tapi ada situasi dalam suatu pertandingan di mana mereka seharusnya menghentikan pertandingan untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi tapi mereka tak melakukan itu, jadi siapa yang memutuskan?"

"Apakah wasit di lapangan atau seseorang yang menonton dari ruang gelap di suatu tempat? Untuk saya, ini mungkin hal benar tapi telah menghilangkan sedikit pesona sepak bola. Saya tak tahu bagaimana ini akan berhasil untuk sepak bola dalam jangka panjang," tambahnya.

Dengan hasil ini, Denmark harus menunggu hingga laga terakhir penyisihan Grup C untuk memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Pada laga terakhir, Denmark sudah ditunggu timnas Prancis.

Sumber: BBC