Magis Philippe Coutinho Jaga Asa Brasil di Piala Dunia 2018

Oleh Rizki Hidayat pada 22 Jun 2018, 22:20 WIB
Diperbarui 24 Jun 2018, 22:14 WIB
Philippe Coutinho

Bola.com, Saint Petersburg - Philippe Coutinho kembali memperlihatkan magisnya bersama timnas Brasil. Berkat gol gelandang Barcelona itu, Brasil meraih kemenangan 2-0 atas Kosta Rika pada laga kedua Grup E Piala Dunia 2018.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Krestovsky Stadium, Jumat (22/6/2018) malam WIB, Coutinho bermain sejak menit awal. Dia pun menjadi motor serangan Tim Samba.

Berdasarkan statistik yang dicatat Squawka, Philippe Coutinho melakukan 98 kali sentuhan, akurasi umpan yang mencapai 92 persen, melepaskan enam tembakan yang empat tepat sasaran, menciptakan enam peluang, dan menyumbangkan satu gol.

Gol eks bintang Liverpool itu pun baru tercipta pada menit ke-90+1. Umpan pendek dari Gabriel Jesus di dalam kotak penalti mampu dikonversikan Coutinho menjadi gol dengan tembakan kaki kanan.

Bagi Philippe Coutinho, itu adalah golnya yang ketiga secara beruntun bersama timnas Brasil. Sebelumnya, dia menyumbangkan gol ketika bermain 1-1 kontra Swiss (18/6/2018) dan menang 3-0 atas Austria (10/6/2018).

Dengan torehan tersebut, Philippe Coutinho menjadi pemain pertama yang mencetak gol secara beruntun bersama Selecao, setelah terakhir kali dilakukan Neymar (lima laga berturut-turut) pada 2014.

Berkat penampilan apiknya melawan Kosta Rika, Coutinho mendapatkan label pemain terbaik pada laga tersebut. Itu adalah penghargaan man of the match yang kedua buat Philippe Coutiho di Piala Dunia 2018, setelah sebelumnya didapat ketika menghadapi Swiss.

 

2 of 2

Brasil Jaga Asa Lolos ke-16 Besar

Brasil, Piala Dunia 2018, Pesta Bola 2018
Para pemain Brasil merayakan gol yang dicetak oleh Philippe Coutinho ke gawang Kosta Rika pada laga Piala Dunia di Stadion Saint-Petersburg, Jumat (22/6/2018). Brasil menang 2-0 atas Kosta Rika. (AP/Petr David Josek)

Gol yang disarangkan Philippe Coutinho semakin meningkatkan semangat juang pemain timnas Brasil. Hasilnya, Neymar berhasil menggandakan keunggulan Tim Samba.

Umpan silang Diego Costa dari sisi kanan mampu dikonversikan Neymar menjadi gol dengan tembakan. Brasil pun menyudahi laga dengan kemenangan dua gol tanpa balas atas Kosta Rika.

Hasil ini membuat tim asuhan Tite itu menjaga asa lolos ke-16 besar Piala Dunia 2018. Timnas Brasil menempati puncak Grup E dengan nilai empat, unggul satu angka atas Serbia di tempat kedua dan tiga poin dari Swiss di urutan ketiga. Namun, kedua tim itu baru menjalani satu laga.

Pada pertandingan penentuan, Brasil akan menghadapi Serbia di Otkritie Arena, 27 Juni 2018. Selecao wajib menang atas Serbia jika ingin mengamankan tiket berlaga pada fase knock-out.

Sumber: Squawka, FIFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓