Kyle Walker Sebut VAR di Piala Dunia Masih Membingungkan

pada 24 Jun 2018, 01:17 WIB
Ilustrasi VAR di sepak bola

Jakarta Bek timnas Inggris, Kyle Walker menyebut VAR (Video Assistant Referee) di Piala Dunia 2018 Rusia masih abu-abu alias belum jelas. Dia berkaca pada insiden penalti Tunisia ke gawang Inggris (1-2) di laga pertama Inggris beberapa waktu lalu.

Kala itu Walker dianggap melanggar pemain Tunisia, wasit yang melihat rekaman VAR kemudian memutuskan memberikan hadiah penalti bagi Tunisia.

Namun di pertandingan yang sama, Harry Kane juga dijatuhkan oleh pemain lawan. Situasi tersebut cukup meragukan, tetapi wasit memutuskan tidak memerlukan bantuan VAR. Kane tidak dilanggar.

2 of 4

Belum Jelas

Hal inilah yang membuat Walker mempertanyakan kepentingan VAR. Yakni soal waktu yang tepat untuk menggunakan VAR. Menurutnya sampai saat ini situasi-situasi tersebut masih belum dikelompokkan dengan jelas.

"Wasit membuat keputusan sulit. Jelas VAR sudah banyak membantu mereka, tetapi dia memutuskan tidak menggunakan itu (pelanggaran Kane)," ujar Walker di espn.

"Bagi saya, situasinya masih belum jelas, kapan mereka bisa menggunakannya?"

3 of 4

Kesulitan Pemain

2 Gol Harry Kane Bawa Inggris Bungkam Tunisia
Pemain Inggris, Harry Kane (depan kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Tunisia dalam penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, Senin (18/6). Dua gol Kane bawa Inggris menang 2-1. (AP Photo/Sergei Grits)

Lebih lanjut, Walker menilai para pemain juga kesulitan. Sebab mereka juga tidak diizinkan meminta VAR langsung kepada wasit.

"Kapan kami bisa berkata 'bisakah anda mengecek TV?' Karena kami terkadang berkumpul dengan wasit dan jika kami mengatakan itu padanya dan dia tidak setuju, dia bisa memberi kami kartu kuning," pungkas dia.

Pula, Walker menilai wasit hanya memiliki sepersekian detik untuk memutuskan menggunakan VAR atau tidak. Dia menyadari bahwa tugas wasit tidak mudah.

Sumber: Bola.net

4 of 4

Hasil Grup E-H Matchday 1

Lanjutkan Membaca ↓