3 Komentar Toni Kroos Setelah Jadi Pahlawan Kemenangan Jerman

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 24 Jun 2018, 05:50 WIB
Jerman, Toni Kroos

Bola.com, Sochi - Gelandang timnas Jerman, Toni Kroos, muncul sebagai pahlawan kemenangan saat mengalahkan Swedia 2-1 pada matchday kedua Grup F Piala Dunia 2018 di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Sabtu (23/6/2018) atau Minggu (24/6/2018) dini hari WIB.

Pemain Real Madrid itu mencetak gol indah melalui tendangan bebas yang bersarang ke pojok kiri gawang Swedia yang dikawal, Robin Olsen. Gol itu sekaligus membayar kesalahan Kroos yang membuat Swedia unggul lebih dahulu melalui gol Ola Toivonen pada menit ke-32.

Swedia berhasil menyulitkan Jerman di laga ini. Selain berhasil unggul lebih dahulu, Andreas Granqvist dan kawan-kawan memaksa Jerman yang menang berkat gol Marco Reus (48') dan Kroos, bermain dengan 10 orang setelah Jerome Boateng mendapatkan kartu kuning kedua.

Kroos mengaku kemenangan atas Swedia merupakan cara yang tepat untuk membungkam kritik setelah Die Mannschaft takluk 0-1 dari Meksiko pada laga perdana Grup F.

Selain itu, pemain berusia 28 tahun mengungkapkan pendapatnya soal laga melawan Swedia. Di bawah ini komentar Kroos setelah laga Jerman melawan Swedia:

 

2 of 4

Kekalahan dari Meksiko

Timnas Jerman secara mengejutkan takluk 0-1 dari Meksiko pada laga perdana di Grup F. Kritik pun berdatangan kepada tim asuhan Joachim Low karena dianggap tidak tampil sesuai standar sebagai juara bertahan Piala Dunia.

"Saya merasa banyak orang akan senang jika (Swedia) mereka menyingkirkan kami, namun kami tidak akan membuatnya mudah untuk mereka," ujar Kroos setelah pertandingan.

3 of 4

Akui Kesalahan

Kroos dianggap menjadi penyebab gawang Jerman kebobolan di babak pertama. Namun, Kroos membayar lunas kesalahan tersebut dengan mencetak gol indah ke gawang Swedia yang memberikan kemenangan pertama bagi Der Panzer di Piala Dunia 2018.

"Gol pertama Swedia merupakan kesalahan saya. Saya memikul tanggung jawab, namun kesalahan itu berhasil diperbaiki, bukan begitu?" ucap Kroos. 

4 of 4

Mesin Penggerak Permainan Jerman

Kroos sangat terlibat dalam permainan Jerman saat meraih kemenangan atas Swedia. Dia berhasil melakukan 15 umpan sukses setelah Boateng diusir wasit-jumlah umpan yang sama dilakukan seluruh pemain Swedia saat itu.

Secara keseluruhan, pemain Jerman tercatat melakukan 86 persen umpan sukses dari 744 umpan yang dibuat dan Kroos melakukan 117 umpan sukses dari 128 umpan.

"Saat Anda menyentuh bola sebanyak 400 kali setiap laga, tentu suatu hal yang normal Anda kehilangan bola beberapa kali. Namun demikian, saya mengakui kesalahan saya," tukasnya. 

Sumber: ESPN

Lanjutkan Membaca ↓