Harapan Timnas Jerman Tak Pernah Padam di Piala Dunia 2018

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 24 Jun 2018, 09:33 WIB
Diperbarui 24 Jun 2018, 09:33 WIB
Timnas Jerman

Jakarta Timnas Jerman mencatatkan kemenangan dramatis atas Swedia di Olimpiyskiy Stadion, Sochi, pada babak fase Grup F Piala Dunia 2018, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB.

Dalam laga ini, Swedia unggul terlebih dahulu setelah Ola Toivonen menjebol gawang Timnas Jerman yang dikawal Manuel Neur. Der Panzer baru bisa manyamakan skor di babak kedua melalui sepakan Marco Reus.

Juara Piala Dunia 2014 itu bisa bernapas lega setelah Toni Kroos mencetak gol kemenangan. Gol itu tercipta pada menit ke-90+5, sesaat sebelum wasit meniup peluit panjang.

Meraih kemenangan dramatis, pelatih Jerman, Joachim Lom mengapresiasi anak asuhnya yang pantang menyerah. Dia percaya Jerman bisa bangkit setelah kalah 0-1 dari Meksiko di laga perdana Piala Dunia 2018.

"Sesuatu yang saya apresiasi pada hari ini adalah, kami tidak kehilangan kepercayaan pada diri sendiri. Skuat Jerman tidak panik setelah sempat tertinggal gol," katanya, dikutip dari Four Four Two.

"Timnas Jerman tetap mengangkap kepala dan mengatakan kalau kami perlu membuat passing-passing yang lebih cepat dan membuat Swedia keluar untuk membuka ruang," ujar Low melanjutkan.

2 dari 3 halaman

Tak Kehilangan Harapan

Joachim Low
Pelatih Jerman, Joachim Low, memuji keberhasilan anak asuhnya mengalahkan Swedia 2-1 pada matchday kedua Grup F Piala Dunia 2018. (AP Photo/Frank Augstein)

Low juga mengatakan, anak asuhnya tidak pernah kehilangan harapan. Padahal dalam laga melawan Swedia, kata Low, Jerman hanya mempunyai sedikit peluang mencetak gol.

"Kami tidak membuat beberapa peluang bagus, tapi kami tidak pernah kehilangan harapan kalau kami bisa memenangkan pertandingan," ucapnya.

"Saya pikir gol yang dicetak di menit terakhir memiliki sedikit keberuntungan, tapi itu menunjukkan keyakinan kami miliki dalam diri sendiri."

 

 

3 dari 3 halaman

Jaga Peluang

Kemenangan atas Swedia menjaga peluang Jerman di Piala Dunia. Saat ini, Der Panzer berada di posisi kedua klasemen Grup F dengan tiga poin.

Laga melawan Korea Selatan, Rabu (27/6/2018) akan menentukan kiprah Jerman di Piala Dunia 2018.

Lanjutkan Membaca ↓