Sukses


    Pepe: VAR Tidak Adil pada Ronaldo!

    Jakarta VAR (Video Assistant Referee) terus menjadi topik utama di Piala Dunia 2018 Rusia. Sudah beberapa kali VAR menghasilkan penalti, juga membatalkan penalti.

    Bek timnas Portugal, Pepe pun turut berkomentar soal VAR. Menurutnya VAR memang dibutuhkan, tetapi dalam beberapa kasus seharusnya pelatih bisa langsung mengambil keputusan tanpa perlu bantuan VAR terlebih dahulu.

    Bahkan Pepe menilai VAR tidak banyak membantu, justru kebalikannya, VAR terkadang tidak tersedia ketika tim membutuhkannya.

    Pepe mengambil contoh gol pertama Spanyol yang dibuat Diego Costa ke gawang Portugal. Kala itu Pepe dijatuhkan Costa tetapi wasit bergeming. Mantan pemain Madrid ini menilai harusnya Costa melakukan pelanggaran dan gol tak perlu terjadi.

    2 dari 4 halaman

    Tidak Perlu VAR

    "Ada beberapa insiden yang bahkan tidak memerlukan VAR," jelas Pepe dikutip dari marca.

    Pada gol pertama Spanyol ke gawang kami anda tidak membutuhkan bantuan video, bahkan Diego Costa menyadari itu adalah pelanggaran."

    3 dari 4 halaman

    Pelanggaran pada Ronaldo

    Lebih lanjut, Pepe mengambil contoh beberapa pelanggaran pada rekan setimnya, Cristiano Ronaldo yang diabaikan wasit. Menurutnya VAR seharusnya bersikap lebih adil.

    "Lalu ada penalti yang tidak diberikan pada Cristiano Ronaldo saat melawan Maroko, tetapi kamera menunjukkan bahwa mereka menyerobot dia dan mendorong dia."

    "Saya yakin bahwa jika itu bukan Cristiano, maka penalti akan diberikan," sambung dia.

    4 dari 4 halaman

    Respek pada Wasit

    Terlepas dari segala kontroversi tersebut, bagaimanapun Pepe tetap bersyukur VAR telah membantu wasit. Baginya setiap pemain harus respek terhadap sang pengadil.

    "Bagaimanapun, kami adalah manusia, kami membuat kesalahan dan saya pikir wasit tidak memiliki niat untuk merugikan siapa pun."

    "Kami harus respek kepada mereka, kami adalah profesional dan harus melakukan pekerjaan kami, itulah yang diminta pelatih," tandas Pepe.

    Video Populer

    Foto Populer