Harry Kane Sebaiknya Dicadangkan Saat Inggris vs Belgia

pada 28 Jun 2018, 15:57 WIB
Diperbarui 30 Jun 2018, 15:16 WIB
Keceriaan Pemain Inggris Jelang Hadapi Belgia

Jakarta Mantan pemain Inggris Sol Campbell turut berkomentar soal laga terakhir Inggris kontra Belgia di Grup G Piala Dunia 2018 Rusia, Jumat (29/4) dini hari WIB nanti. Dia menyarangkan Gareth Southgate untuk mengistirahatkan Harry Kane.

Kedua tim saat ini sudah pasti lolos ke 16 besar, pertandingan tersebut hanya soal menentukan pemuncak klasemen dan runner up. Karenanya Campbell meyakini Kane bisa diistirahatkan.

Menurutnya fase gugur Piala Dunia adalah laga sulit sesungguhnya. Berdasarkan pengalamannya di Piala Dunia sebelumnya, Campbell menilai sang pelatih harus pintar-pintar menyimpan tenaga pemain dan menggunakannya sebaik mungkin.

2 of 3

Kane Pasti Tak Rela

Campbell sadar betul bahwa Kane mungkin tidak rela duduk di bangku cadangan saja. Tetapi baginya mungkin yang terbaik adalah memainkan di 20 atau 30 menit akhir pertandingan.

"Saya lebih memilih dia (Kane) di bangku cadangan dan bermain untuk 20 menit atau 20 menit terakhir," ujar Campbell dikutip dari tribalfootball.

"Dia pasti sangat ingin bermain tetapi saya pikir anda harus melihat gambaran besarnya. Ya, dia ingin mendapatkan sepatu emas, tetapi anda harus mengistirahatkan kaki pemain hebat anda."

3 of 3

Kelelahan Mental

Harry Kane Hattrick, Inggris Pesta Gol ke Gawang Panama
Pemain Inggris Harry Kane melakukan selebrasi usai membobol gawang Panama dalam pertandingan Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Rusia (24/6). (AP/Antonio Calanni)

Menurut Campbell, satu hal yang tidak disadari pemain adalah kelelahan mental, bukan hanya kelelahan fisik. Menurutnya energi Kane mungkin akan terkuras jika harus bermain melawan tim hebat Belgia.

"Anda tidak akan menyadarinya, anda boleh bersemangat, semua orang bahagia dan rasa percaya diri tinggi tetapi pertandingan itu menguras mental anda."

"Tubuh anda akan habis dikuras kelelahan mental dan pikiran anda di pertandingan seperti ini, jadi yang terbaik adalah sedikit beristirahat untuk bermain di laga lainnya," sambung dia.

"Dari kelelahan fisik dan pendekatan mental, saya rasa semua hal mendukung (untuk mengistirahatkan Kane)."

Lanjutkan Membaca ↓