Loew: Jerman Butuh Perubahan

Oleh Aga Deta pada 29 Jun 2018, 11:30 WIB
Joachim Low

Bola.com, Jakarta Pelatih timnas jerman, Joachim Loew tidak mau banyak beralasan soal kegagalan dia dan timnya di Piala Dunia 2018 Rusia dewasa ini. Memasuki turnamen sebagai tim favorit dengan status juara bertahan, Jerman justru harus tersingkir sejak fase grup.

Masa depan Loew sebagai pelatih jerman pun mulai dipertanyakan meski dia baru saja menandatangani perpanjangan kontrak sampai 2022 nanti.

Tidak hanya Loew yang merasa demikian, beberapa pemain Jerman pun terang-terangan mengakui mereka memang tampil buruk dan layak tersingkir. Saat ini, Jerman membutuhkan perubahan.

2 of 4

Pengalaman Jerman

Jerman, Piala Dunia 2018
Kiper Jerman, Manuel Neuer menutup wajahnya usai melawan Korea Selatan pada laga grup F Piala DUnia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia, (27/6/2018). Jerman kalah 0-2. (AP/Thanassis Stavrakis)

Loew mengingat kembali bagaimana Jerman bisa meraih juara dunia. Memang benar Jerman meraihnya pada Piala Dunia 2014 lalu, tetapi Loew justru menilai Jerman terus bekerja keras sepuluh tahun terakhir, sebelum akhirnya menjadi juara.

"Kami pernah mengalami situasi ini, ketika tim tersingkir di kompetisi Eropa 2004 di fase grup," jelas Loew di fourfourtwo.

"Setelah itu, terjadi banyak perubahan. Selama 14 tahun kami terus menjadi lebih baik dan semakin baik, kami adalah tim paling konsisten di dunia selama 10 tahun terakhir dan kami sudah menjadi juara dunia."

3 of 4

Instrospeksi dan Perubahan

Timnas Jerman
Timnas Jerman gagal lolos ke-16 besar Piala Dunia 2018 setelah menelan kekalahan 0-2 dari Korea Selatan, pada pertandingan terakhir Grup F di Kazan Arena, Rabu (27/6/2018) malam WIB. (AFP/Luis Acosta)

Saat ini, Loew menilai Jerman harus segera memandang ke depan dan melupakan kegagalan ini. Baginya Jerman harus segera merancang rencana dan langkah-langkah yang akan mereka tempuh untuk mengembalikan kekuatan tim Jerman.

"Namun saat ini, dengan tersingkirnya kami dan kekecewaan yang besar ini, kami harus mencerminkan apa yang terjadi dan konsekuensinya, juga langkah tepat yang harus diambil."

"Kami membutuhkan perubahan, perubahan besar. Dan soal itu, kami harus banyak berbicara," tutup Loew.

Sumber: Bola.net

4 of 4

Video Menarik

Lanjutkan Membaca ↓