Masuk 16 Besar, Inggris Hanya Perlu Bermain Seperti Biasanya

pada 29 Jun 2018, 16:08 WIB
Penyerang timnas Inggris, Harry Kane.

Jakarta Inggris sudah dipastikan akan melawan Kolombia di 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia, Rabu (4/7) dini hari WIB mendatang. Meskipun takluk dari Belgia (0-1) di laga terakhir Grup G, banyak yang menilai Inggris justru diuntungkan dengan status runner up.

Hal ini dikarenakan Inggris dinilai beruntung berada di paruh skema yang diisi oleh tim-tim lebih mudah. Jika berhasil mengalahkan Kolombia dan melaju ke perempat final, Inggris akan melawan pemenang antara Swiss atau Swedia.

Hanya Spanyol dan Kroasia yang patut diperhitungkan Inggris, itu pun baru dapat terjadi di semifinal. Sedangkan di paruh lainnya, Belgia harus bersiap melawan tim-tim kuat seperti Brasil, Prancis dan Argentina.

Banyak pihak menilai Inggris menyerah dari Belgia karena hanya menurunkan pemain lapis kedua. Karenanya, Harry Maguire percaya Inggris akan kembali menampilkan kekuatan sesungguhnya di 16 besar nanti. Dia percaya Inggris akan mengulang performa mereka saat menang telak atas Panama dan Tunisia.

"Mula-mula, kami harus fokus pada permainan kami di fase gugur," jelas Maguire dikutip dari express.

"Jika kami bermain dengan cara yang sama seperti di dua laga awal, maka kami akan memenangkan laga melawan Kolombia."

2 of 2

Kepercayaan Diri

Gareth Southgate, Piala Dunia 2018
Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate. (AP Photo/Antonio Calanni)

Dikatakannya, Inggris sudah mencapai target pertama mereka, yakni masuk fase gugur. Kekalahan atas Belgia pun tidak mengerdilkan mental Inggris karena skuat asuhan Gareth Southgate itu tetap percaya kedua tim sama baiknya.

"Kami sudah mencapai target kami, kami sudah lolos ke fase gugur dan kami memasukinya dengan kepercayaan diri pada kemampuan kami."

"Hari ini (vs Belgia) kami memainkan permainan seimbang dan kedua tim memiliki peluang. Mereka mencetak gol hebat, kami tidak berhasil melakukan yang sama, tetapi kami memetik pelajaran dari pertandingan itu," tutup dia.

Lanjutkan Membaca ↓