6 Fakta Jelang Bentrok Belgia Melawan Jepang

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 02 Jul 2018, 14:30 WIB
Diperbarui 04 Jul 2018, 14:16 WIB
Belgia

Bola.com, Jakarta - Timnas Belgia akan menghadapi lawan sulit yaitu Jepang pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Rostov-on-Don, Minggu (2/7/2018).

Belgia melangkah ke fase knock-out berkat performa impresif di penyisihan grup. Tim yang diarsiteki Roberto Martinez menyapu bersih kemenangan dengan mengalahkan Panama (3-0), Tunisia (5-2), dan Inggris (1-0).

Performa apik itu akan coba dipertahankan Eden Hazard dan kawan-kawan saat bersua Jepang. Kans melaju ke perempat final terbuka lebar seiring kembalinya trio lini depan, yaitu Romelu Lukaku, Dries Mertens, dan Hazard sebagai starter.

Ketiganya pemain ini jadi senjata ampuh Belgia untuk membobol gawang lawan di penyisihan grup dengan menyumbang tujuh dari sembilan gol The Rode Duivels. Selain itu, kinerja lini belakang Belgia juga tergolong bagus karena baru kebobolan dua gol.

Sementara itu, Jepang lolos ke fase gugur dengan mencatatkan sejarah baru. Tim asuhan Akira Nishino mendampingi Kolombia berkat keunggulan fair play dari Senegal.

Jepang memiliki catatan disiplin yang lebih baik ketimbang Senegal. Shinji Kagawa dan kawan-kawan hanya mengoleksi empat kartu kuning berbanding enam kartu kuning milik Senegal.

Berikut fakta menarik laga Belgia melawan Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia 2018:

2 of 2

Fakta Menarik Belgia vs Jepang

Prediksi Belgia Vs Jepang
Prediksi Belgia Vs Jepang (Liputan6.com/Trie yas)

1. Belgia hanya meraih satu kemenangan dari lima pertemuan melawan Jepang (dua imbang dan dua kalah). Namun, kemenangan terakhir Belgia atas Jepang terjadi bulan November 2017 dengan skor 1-0 berkat gol Romelu Lukaku.

2. Belgia dan Jepang baru satu kali bertemu di Piala Dunia. Pertemuan itu terjadi di fase grup Piala Dunia 2002 yang berakhir imbang 2-2.

3. Belgia berhasil melangkah untuk keenam kalinya ke fase gugur dari tujuh partisipasi terakhir mereka di Piala Dunia. Kini Belgia berupaya mencapai perempat final untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah setelah Piala Dunia 1986 dan 2014.

4. Belgia selalu gagal mencatatkan clean sheet dari 11 laga di fase gugur Piala Dunia. The Rode Duivels menelan delapan kekalahan dari 11 laga tersebut. Tiga laga lainnya berakhir dengan dua kemenangan dan satu hasil imbang.

5. Jepang tidak pernah meraih kemenangan di fase gugur. Jepang dua kali tersingkir di fase grup pada Piala Dunia 2002 dan 2010.

6. Jepang hanya dua kali menang dari sembilan kali pertemuan mereka dengan wakil Eropa di Piala Dunia.

Lanjutkan Membaca ↓