Kolom Ian Situmorang: Belgia Vs Jepang, Geliat Generasi Emas

Oleh Wiwig Prayugi pada 02 Jul 2018, 15:10 WIB
Kolom Ian Situmorang

Bola.com, Jakarta - Pada pertandingan terakhir perebutan satu tiket ke babak perempat final di Grup H, para pasukan Tim Samurai tampak lesu. Polandia yang sudah tidak memiliki peluang malah mampu membobol gawang Kawashima. Mendadak suasana meriah, ternyata Jepang lolos dengan status runner-up.

Inilah sejarah baru bagi sepak bola dunia dengan menerapkan peraturan fairplay. Jepang dan Senegal memiliki catatan yang sama, tiga kali main dengan nilai 4, memasukkan 4 dan kemasukan, selisih gol 0. Jepang dinyatakan lolos karena hanya menerima 4 kartu kuning, sementara Senegal 6.

Dari lima jatah AFC ke Piala Dunia Rusia 2018 pada 32 besar, sisa hanya Jepang ke babak gugur. Asa Asia ada di puncak Jepang. Beban dan tanggungjawab ini mungkin berat bagi Yuya Osako cs. 

Aksi pemain Polandia, Grzegorz Krychowiak (tengah) menghalau bola dari kejaran pemain Jepang pada laga terakhir grup H di Volgograd Arena, Volgograd, Rusia (28/6/2018). Jepang kalah 0-1 dari Polandia. (AP/Andrew Medichini)

The Red Devils, Belgia memiliki reputasi mengilap. Belgia adalah satu di antara tiga negera yang lolos ke fase knockout dengan rekor sempurna. Tiga kali main, tiga kali menang dengan catatan memasukkan 9 gol dan hanya kemasukan 2 gol, atau selisih 7 gol.

Golden Generation, demikian tim merah yang diasuh pelatih asal Spanyol yang matang di kompetisi Liga Inggris, Roberto Martinez. Hampir tidak ada titik lemah saat ini di tim Belgia. Semua posisi ditempati pemain yang betul-betul matang dan berkaliber dunia.

Kiper diisi Thibaut Courtois yang memiliki tinggi 199 m. Di bagian belakang ada Alderwireld, Boyata dan Vertonghen. Kunci kehebatan Belgia yang tengah bertabur talenta terlihat dalam diri sang kapten Eden Hazard dan Kevin de Bruyne.

Tinggi besar tapi memiliki gerakan lincah menjadi eksekutor tangguh sebagai ujung tombak, Romelu Lukaku. Setiap peluang dapat dikonversi menjadi gol dalam situasi sulit, sekali pun. Nah, jika ada apa-apa dengan Lukaku, maka striker lainnya, Batshuayi.

Para pengamat memberikan predikat sangat tinggi bagi The Red Devils ini, minimal Harzard dan kawan-kawan punya satu tiket di semifinal. Tentu ini beralasan karena Belgia memiliki sangat banyak pemain. Saking banyaknya, pemain sekelas Radja Nainggolan yang sukses di AS Roma tidak masuk tim.

 

2 of 2

Perbandingan

FOTO: Turunkan Pemain Lapis ke-2, Belgia Bungkam Inggris
Para pemain Belgia merayakan kemenangan atas Inggris pada laga grup G Piala Dunia di Stadion Kaliningrad, Kaliningrad, Rabu (28/6/2018). Belgia menang 1-0 atas inggris. (AP/Hassan Ammar)

Membandingkan Belgia dengan Jepang, sepertinya hampir tidak ada celah bagi tim Matahari Terbit, Jepang untuk mengungguli Belgia. Namun, jika membuka data pertemuan yang baru sekali, maka Honda cs. tetap dapat menyimpan optimisme, sebab kedua tim baru bersua sekali dengan hasil seri, 2-2.

Dua pertandingan pada 16 besar berlangsung luar biasa, 120 menit dan terpaksa diakhiri dengan adu penalti. Secara mengejutkan, Spanyol yang menguasai permainan atas Rusia tersingkir. Kroasia lolos setelah unggul tos-tosan yang dramatis melawan Denmark.

Apakah akan ada perpanjangan waktu dalam duel Belgia-Jepang? Saya memilih untuk memosisikan Belgia lolos dengan penuh gaya. Rasanya wajar jika akan terjadi selisih dua gol untuk keunggulan Belgia.

Piala Dunia Rusia 2018 menampilkan banyak kejutan. Satu yang paling menarik tentunya adanya tim yang memperagakan sepakbola modern, sepak bola menyerang seperti Belgia dan Brasil sehingga bakal menarik untuk ditonton.

Jadilah saksi dan menikmati sepak bola menyerang!

Lanjutkan Membaca ↓