Southgate: Inggris Punya Kesempatan Terbaik di Piala Dunia

pada 06 Jul 2018, 11:32 WIB
Diperbarui 08 Jul 2018, 11:15 WIB
Gareth Southgate, Piala Dunia 2018

Jakarta Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, mengatakan bahwa Inggris harus memaksimalkan peluang yang mereka dapat kali ini. Inggris sudah dipastikan lolos ke perempat final Piala dunia 2018 setelah mengalahkan Kolombia lewat adu penalti.

Di babak delapan besar nanti, Inggris akan berhadapan dengan Swedia. Kemenangan dalam pertandingan itu akan meloloskan Inggris ke semifinal Piala Dunia.

Namun Southgate mengingatkan Inggris bahwa kesempatan sekarang ini adalah yang terbaik bisa mereka dapat. Meski para pemain Inggris diyakini akan berkembang menjadi lebih baik, tapi mereka bisa jadi tak akan mendapatkan kesempatan seperti sekarang ini.

2 of 4

Kesempatan Besar

Kemenangan Inggris Atas Kolombia
Pemain timnas Inggris, Harry Kane, Jordan Pickford dan Kieran Trippier merayakan akhir laga 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Kolombia di Stadion Spartak, Selasa (3/7). Inggris lolos ke perempat final setelah menang adu penalti 4-3. (AP/Victor R. Caivano)

Setelah hanya menjadi runner up di fase grup, Inggris justru masuk ke bracket yang relatif mudah. Jika bisa melewati Swedia, Inggris akan berhadapan dengan Rusia atau Kroasia di semifinal. Sementara itu di bracket lainnya, saat ini ada Prancis, Uruguay, Brasil, dan Belgia.

"Ini adalah kesempatan besar. Meski para pemain di tim kami akan menjadi lebih baik dalam dua tahun ke depan, tapi kami mungkin tak akan mendapatkan kesempatan seperti ini lagi," urai Southgate kepada BBC.

"Kuncinya di sini adalah melakukan yang terbaik yang kami bisa dan saya bangga dengan kinerja tim kami. Kami sudah menunjukkan permainan yang sangat bagus dan tim ini menunjukkan rasa lapar dan mau menerima ide yang saya sampaikan."

3 of 4

Respek Untuk Swedia

FOTO: Gol Tunggal Emil Forsberg Antar Swedia Tekuk Swiss
Para pemain Swedia menyapa suporter usai mengalahkan Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia di Stadion St Petersburg, St Petersburg, Selasa (3/7/2018). Swedia menang 1-0 atas Swiss. (AP/Martin Meissner)

Inggris kembali diunggulkan dalam perempat final kali ini, Swedia masih merupakan underdog sejak fase grup lalu. Tapi Southgate meminta Inggris untuk tetap menunjukkan respek kepada Swedia.

"Kami memiliki respek yang sangat besar kepada Swedia. Mereka adalah tim yang saya kira kerap diremehkan di masa lalu. Kami tidak akan melakukan kesalahan itu."

"Para pemain kami berasal dari latar belakang yang sama dengan para pemain Swedia. Kami tidak boleh terlena dengan merasa kami lebih bagus dari Swedia. Mereka lebih tua, lebih berpengalaman, dan juga memiliki rekor yang lebih bagus di Piala Dunia ini dibanding kami."

4 of 4

Belum Sempurna

Keceriaan Pemain Inggris Jelang Hadapi Belgia
Pelatih Inggris, Gareth Southgate tersenyum saat latihan di Zelenogorsk dekat St. Petersburg, Rusia, (27/6). Inggris akan bertanding melawan Belgia pada grup G Piala Dunia 2018. (AP Photo/Dmitri Lovetsky)

Secara keseluruhan, Inggris hanya menang dua kali dalam 15 pertemuan melawan Swedia. Yang terakhir, Inggris kalah 2-4 dalam pertandingan di Stockholm pada November 2012. Saat itu Zlatan Ibrahimovic mencetak empat gol, termasuk satu gol indah dari jarak jauh.

Selain itu, Southgate juga mengatakan bahwa Inggris sendiri masih jauh dari kata sempurna. Inggris masih kerap melakukan kesalahan sendiri. Karenanya, Southgate meminta pasukannya untuk tidak terbawa dengan kemenangan yang mereka raih.

"Anda harus menikmati setiap momen indah yang ada, tapi saya masih jauh dari kata sempurna. Ada banyak kesalahan yang sudah kami lakukan. Tapi kami sudah berada di sini dan kami akan berusaha untuk terus maju. Kami akan memasuki area berbahaya kalau sampai terlena dengan prestasi kami sejauh ini."

 

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓